Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VIII SMP

Nurkhasanah AS, Friska Lailatul (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700006033_JUDUL__230404084211.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700006033_BAB_I__230404115248.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700006033_BAB_II__230404115248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700006033_BAB_III__230404115248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700006033_BAB_IV__230404115248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700006033_BAB_V__230404115248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700006033_DAFTAR_PUSTAKA__230404115248.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700006033_LAMPIRAN__230404115248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1700006033_NASKAH_PUBLIKASI__230404115248.pdf

Download (702kB)

Abstract

Beberapa studi menunjukan bahwa kemampuan matematika siswa di Indonesia dalam menyelesaikan soal yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi masih rendah. Guru matematika belum optimal dalam membelajarkan kemampuan berpikir tinggat tinggi melalui pemanfaatan soal-soal matematika bertipe HOTS. Penelitian ini dengan tujuan untuk : 1) mengembangkan instrumen tes yang dapat yang dapat dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi perbandingan, 2) mengetahui karakterisik instrumen tes yang dapat dilakukan dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi perbandingan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis yang berjumlah 30 siswa.Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Data respon jawaban siswa dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) hasil penilain ahli materi untuk keseluruhan aspek produk yang dikembangkan dengan nilai kelayakan butir soal pilihan ganda adalah 0,5-0,568 dan butir soal uraian adalah 0,442-0,5 termasuk dalam kategori cukup dan telah sesuai dengan kaidah sehingga dinyatakan valid, 2) Rata-rata tingkat kesukaran dari setiap butir-butir soal adalah 0,484 yang termasuk kategori sedang. 3) Rata-rata daya beda tiap butir-butir soal adalah 0,241 yang termasuk dalam kategori cukup. 4) Pengecoh soal berfungsi dengan baik dengan pengecoh minimal 5�n dua opsi pengecoh berfungsi dengan baik. 5) Koefisien reliabilitas instrumen berdasarkan hasil ujicoba adalah 0,621 pada soal pilihan ganda dengan kategori tinggi dan 0,806 pada soal uraian dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian soal-soal matematika berbasis HOTS layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, soal HOTS, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:24
Last Modified: 14 May 2025 07:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83563

Actions (login required)

View Item View Item