Mukhsiandika, Surya Bagas (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sigaluh Banjarnegara. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800001057_JUDUL__231212080123.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800001057_BAB_I__231212080123.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800001057_BAB_II__231212080123.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800001057_BAB_III__231212080123.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800001057_BAB_IV__231212080123.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800001057_BAB_V__231212080123.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001057_DAFTAR_PUSTAKA__231212080123.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800001057_LAMPIRAN__231212080123.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan mengenai perilaku prokrastinasi akademik di SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara yaitu terspat siswa yang sering tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang berakibat fatal pada perolehan nilai siswa. Terdapat siswa yang memilih melakukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan seperti menghabiskan waktu dirumah untuk bermain game online, sehingga ketika ada tugas, siswa cenderung memilih mengerjakan secara dadakan disekolah. Bahkan, ada yang dikumpulkan terlambat ketika akan ujian. Beberapa siswa juga banyak yang memilih bermain handphone, melihat tiktok, youtube, instagram dan media sosial lainnya yang lebih menarik. Melewatkan tugas wajibnya sebagai pelajar dan tidak sedikit anak yang menyepelekan tugas sekolah. Melihat kejadian tersebut, dibutuhkan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Penelitian ini mempunyai tujuan ialah adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara.
Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif yaitu pre eksperiment dan desain one group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 8 peserta didik XI IPS 3 SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik dalam kategori tinggi. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala perilaku prokrastinasi akademik yang sudah valid dan reliabel. Pengambilan keputusan menggunakan uji wilcoxon, dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Karakteristik yang terlihat pada siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik adalah menjadi insecure atau kurang percaya diri karena tidak bisa mendapatkan nilai baik.
Pada penelitian yang telah dilakukan peneliti, diperoleh dari hasil uji wilcoxon pada data pretest dan posttest dengan taraf sgnifikan (α) sebesar 0,05, menunjukkan bawah Sig. (2-tailed) sebesar 0,012 < 0,05. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, memberikan penjelasan bahwa kegiatan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terbukti efektif untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | bimbingan kelompok, sosiodrama, prokrastinasi akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:25 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |