Andriani, Annisa Fitria Rahma (2023) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Teks Surat Dinas pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Pemalang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900003005_JUDUL__230904053002.pdf Download (818kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900003005_BAB_I__230904102227.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900003005_BAB_II__230904102227.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900003005_BAB_III__230904102227.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900003005_BAB_IV__230904102227.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900003005_BAB_V__230904102228.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003005_DAFTAR_PUSTAKA__230904102228.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900003005_LAMPIRAN__230904102228.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003005_NASKAH_PUBLIKASI__230904102228.pdf Download (444kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya implementasi pembelajaran
berdiferensiasi surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pemalang. Penelitian
ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran berdiferensiasi
terhadap materi teks surat dinas siswa kelas VII SMP N 6 Pemalang; 2) untuk
mengetahui penerapan pembelajaran diferensiasi materi teks surat dinas siswa kelas
VII SMP Negeri 6 Pemalang; 3) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran
berdiferensiasi materi teks surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pemalang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII. Objek penelitian ini yakni
implementasi pembelajaran berdiferensiasi teks surat kelas VII di SMP Negeri 6
Pemalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian, perencana,
pelaksana, pengumpulan data, dan pelopor penelitian. Teknik analisis data yaitu
triangulasi teknik yang digunakan untuk menguji suatu kredibilitas data yang
digunakan untuk pengecekan data dengan sumber yang sama namun teknik yang
berbeda.
Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Perencanaan menurut guru dengan
pembuatan kelompok belajar tinggi, sedang, dan rendah agar heterogen sedangkan
menurut siswa lebih cenderung pada pola belajar visual. Adapun pendamping
belajar yaitu RPP dan buku ajar; 2) pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di
kelas dalam pemberian strategi pembelajaran menggunakan pemantik dilanjutkan
pengelompokan belajar siswa, teknik penyampaian menggunakan metode ceramah
dan contoh, proses pembelajaran yang dilakukan yaitu presentasi hasil, kesiapan
belajar siswa menurut guru telah baik dalam menerima pemantik selanjutnya
menurut siswa tergolong baik namun beberapa siswa yang kurang menjadi acuan
guru untuk memperbaikinya, minat belajar menurut guru termasuk baik karena
siswa memiliki rasa ingin tahu teks surat sedangkan menurut siswa ada beberapa
siswa yang kurang antusias hal itu agar menjadi acuan guru dalam perbaikan; 3)
evaluasi pembelajaran menggunakan diskusi dan presentasi lalu dinilai oleh guru
mata pelajaran, evaluasi yang paling tepat menggunakan model diskusi dan test
tertulis. Kegiatan evaluasi dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa terkait
materi sehingga dapat menyeluruh pemahaman yang diterima antar setiap siswa.
Kelebihan dan kekurangan terdapat pada keheterogenan siswa di kelas namun
kekurangan pada suatu media dalam pencarian contoh soal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | implementasi, pembelajaran, berdiferensiasi, teks, surat, dinas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:02 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |