Nisa, Rokhim Ahsanatun (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi KPK & FPB Kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005013_JUDUL__230512122649.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005013_BAB_I__230505095247.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005013_BAB_II__230505102258.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005013_BAB_III__230505095247.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005013_BAB_IV__230505095247.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005013_BAB_V__230505102258.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005013_DAFTAR_PUSTAKA__230505102258.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005013_LAMPIRAN__230505095247.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005013_NASKAH_PUBLIKASI__230505101602.pdf Download (716kB) |
Abstract
Permasalahan di SD Negeri 2 Sumberagung yaitu model pembelajaran
yang dilakukan dominan berpusat pada guru (teachercenter) dan siswa kurang
aktif bertanya dalam proses pembelajaran, siswa hanya menerima dan
mengikuti materi yang dijelaskan oleh guru saat proses pembelajaran
Matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran
Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran
Matematika kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan
Nonequevalent control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas I V berjumlah 54 siswa. Sedangkan sampel penelitian adalah VA
sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa dan VB sebagai kelas eksperimen
berjumlah 26 siswa. Variabel terikat penelitian adalah kemampuan berpikir
kreatif siswa kelas IV pada pembelajaran Matematika. Variabel bebas
penelitian adalah model ‘pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan
data adalah tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data dari penelitian ini
adalah tes uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif
mengalami peningkatan sebanyak 53% sebelum dan sesudah penerapan model
pembelajaran Open-Ended siswa kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. Terdapat
pengaruh pembelajaran Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif
siswa kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. Hal ini dapat ditunjukkan dengan
nilai Asymp.Sig. (2 tailed) sebesar 0,091 pada kelas kontrol dan nilai
Asymp.Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 pada kelas eskperimen. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa, kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah
penerapan model pembelajaran Open-Ended ssiwa mengalami pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | model pembelajaran Open-Ended, kemampuan berpikir kreatif, pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:45 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |