Pengembangan Media Buku Cerita Kerajaan Hindu-Buddha untuk Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar

Siyam, Hidayah Risalatus (2023) Pengembangan Media Buku Cerita Kerajaan Hindu-Buddha untuk Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005222_JUDUL__230409120812.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005222_BAB_I__230409120812.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005222_BAB_II__230409120812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005222_BAB_III__230409120812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005222_BAB_IV__230409120812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005222_BAB_V__230409120812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005222_DAFTAR_PUSTAKA__230409120812.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005222_LAMPIRAN__230409120812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yaitu minimnya media pembelajaran yang digunakan, terlebih kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum bagi peserta didik pada pembelajaran IPS. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas buku cerita Kerajaan Hindu-Buddha untuk kelas 4 sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD (Research and Development) dengan model pendekatan ADDIE. Model ADDIE memiliki 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation),dan Evaluasi (Evaluation). Tahap uji coba produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, ahli Bahasa, guru dan respon peserta didik. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langakh pengembangan buku cerita dilakukan dengan proses analisis, yaitu dengan melakukan wawancara terhadap guru kelas 4. Kemudian, desain digunakan untuk mendesain buku cerita yang dikembangkan. Pengembangan, dilakukan oleh para ahli atau validator. Implementasi, pada tahap implementasi tidak dilakukan karena beberapa faktor. Terahir tahap evaluasi, dilakukan pada setiap tahapan dalam pengembangan. Beradasarkan penelitian yang diperoleh, hasil dari validasi ahli media mendapat nilai 82,69 dengan kategori “sangat baik”, ahli materi dengan nilai 91,67 dengan kategori “sangat baik”, ahli pembelajaran mendapat nilai 95 dengan kategori “sangat baik”, ahli Bahasa mendapat nilai 88,46 dengan kategori “sangat baik”. Penilaian dari guru kelas 4 diperoleh nilai 97,5 termasuk ke dalam kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media Pembelajaran, IPS, Buku Cerita
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 May 2025 07:02
Last Modified: 15 May 2025 07:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83606

Actions (login required)

View Item View Item