Forensik Web pada Layanan TikTok Menggunakan Metode National Institute of Standards and Technology

Timor, Herdin Asmara (2023) Forensik Web pada Layanan TikTok Menggunakan Metode National Institute of Standards and Technology. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900018212_JUDUL__231202100616.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900018212_BAB_I__231202100617.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900018212_BAB_II__231202100617.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900018212_BAB_III__231202100617.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900018212_BAB_IV__231202100617.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900018212_BAB_V__231202100617.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018212_DAFTAR_PUSTAKA__231202100617.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900018212_LAMPIRAN__231202100617.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900018212_NASKAH_PUBLIKASI__231202100618.pdf

Download (769kB)

Abstract

TikTok telah menjadi platform populer bagi pengguna untuk berbagi foto dan video, berinteraksi, dan berpartisipasi dalam berbagai konten kreatif namun semakin banyaknya pengguna tiktok juga membuka peluang bagi individu yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan konten yang merugikan dan melakukan cyberbullying. Penelitian ini bertujuan menemukan bukti digital yang dapat dijadikan artefak barang bukti kasus kejahatan cyberbullying dan mengimplementasikan metode National Institute of Standards and Technology dalam mencari bukti digital sehingga memberikan manfaat menambah pengetahuan dan memberikan pemahaman dalam bidang digital forensik.
Tahapan dalam metode National Institute of Standards and Technology yaitu Collection, Examination, Analysis, dan Reporting. Tahap awal Collection yaitu mengumpulkan data mulai dari jenis barang bukti, termasuk file, dokumen, data, dan barang bukti fisik, dikumpulkan. Tahap Examination pemeriksaan barang bukti menggunakan tools FTK Imager, Browser History Capturer, Browsing History View dan Video Cache View. Analysis melakukan analisis bukti digital secara detail. Tahap akhir Reporting dilakukan penyusunan laporan yang mencakup hasil analisis yang telah dilakukan serta simpulan yang ditarik berdasarkan temuan-temuan tersebut.
Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan berbagai barang bukti melalui alat-alat forensik digital. Barang bukti tersebut mencakup username dan caption yang ditemukan melalui tools FTK Imager serta riwayat aktivitas yang berhasil diambil dengan Browser History Capturer v1.4.1 dan Browsing History View v2.54. Selain itu informasi terkait unggahan caption, potongan dari postingan video yang sebelumnya dihapus, dan video yang telah berubah menjadi gambar berhasil ditemukan menggunakan Video Cache View. Terakhir jenis platform web yang digunakan oleh pelaku juga berhasil diidentifikasi melalui Browsing History View v2.54.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bullying, Forensik Digital, National Institute of Standards and Technology, Tiktok
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 May 2025 01:51
Last Modified: 17 May 2025 01:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83667

Actions (login required)

View Item View Item