Fardanti, Aribah Chika (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Candi Prambanan Berorientasi pada Kepedulian Budaya untuk Peserta Didik Kelas X pada Materi Hukum Newton. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000007002_JUDUL__241112095051.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000007002_BAB_I__241112095052.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000007002_BAB_II__241112095052.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000007002_BAB_III__241112095052.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000007002_BAB_IV__241112095052.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000007002_BAB_V__241112095052.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000007002_DAFTAR_PUSTAKA__241112095052.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000007002_LAMPIRAN__241112095052.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Hukum Newton merupakan salah satu mata pelajaran yang menekankan pada pemahaman konseptual di SMA. Namun siswa menemui kendala dalam memahami konsep dasar fisika khususnya hukum Newton. Memahami hukum Newton merupakan salah satu tantangan yang sering dihadapi siswa ketika belajar fisika. Konsep gaya, massa, dan percepatan yang saling berkaitan dalam hukum ini mungkin sulit dibayangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kearifan lokal merupakan suatu pandangan hidup, pengetahuan, dan berbagai strategi kehidupan yang berupa kegiatan yang dilakukan oleh suatu budaya lokal untuk menyikapi berbagai permasalahan dan memenuhi kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran fisika sebagai bahan penunjang bahan belajar mengajar dikelas. Dalam penelitian ini, kami menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melibatkan beberapa tahap untuk mengembangkan video pembelajaran. Analyse yaitu observasi peserta didik, Design Langkah awal untuk merencanakan produk dan menghasilkan produk. Develop melibatkan ahli media dan ahli materi untuk melakukan uji validitas pada produk yang dikembangan dan mampu untuk disebarluaskan ke peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan teknik tabulasi dan Indeks Aiken. Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran fisika hukum Newton memberikan hasil yang valid, semua aspek yang dinilai mendapatkan skor sempurna yaitu 1,00 dan dikategorikan tinggi dengan menggunakan uji Gregory. Selain itu, uji coba pada sepuluh pengguna menggunakan Indeks Aiken V yang menunjukkan bahwa video ini mudah dipahami dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran sebesar 0,84 untuk isi video, 0,86 untuk aspek kualitas video dan 0,88 untuk kesesuaian dan kebutuhan. Hasil ini menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi standar kualitas yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Hukum Newton, Kearifan Lokal, Validitas Video Pembelajaran, Pembelajaran Fisika SMA, Efektivitas Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:32 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:32 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |