Pratiwi, Anatasya Ristu (2023) Pengaruh Permainan Outbound terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelompok B di TK ABA Karangkunti. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900002007_JUDUL__230726035240.pdf Download (919kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900002007_BAB_I__230726014254.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900002007_BAB_II__230726014254.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900002007_BAB_III__230726014254.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900002007_BAB_IV__230726014254.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900002007_BAB_V__230726014254.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900002007_DAFTAR_PUSTAKA__230726014255.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900002007_LAMPIRAN__230726014255.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900002007_NASKAH_PUBLIKASI__230726014255.pdf Download (476kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan mengenai perkembangan sosial emosional khususnya keterampilan sosial anak kelompok B di TK ABA Karngkunti yang masih rendah. Pentingnya keterampilan sosial bagi anak usia dini agar dapat menjadi pribadi yang diterima masyarakat dengan mampu bersosialisasi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan outbound terhadap keterampilan sosial anak kelompok B di TK ABA Karangkunti.
Penelitian menggunakan rancangan penelitian quasi-experiment dengan rancangan one-group pre test–post test design. Sampel eksperimen penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA Karangkunti berjumlah 10 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi checklist. Analisis data penelitian dilakukan dengan Wilcoxon dengan bantuan SPSS.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama, penggunaan modul yang diimplementasikan untuk meningkatkan keterampilan sosial digunakan sebagai alat bantu. Kedua, penggunaan permainan outbound sebagai kegiatan luar ruangan dapat meningkatkan keterampilan sosial anak, dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon. Ketiga, peningkatan keterampilan sosial anak paling tinggi ditunjukkan pada penelitian pada indikator, anak dapat bekerja sama. Kemudian peningkatan paling rendah yakni indikator anak menemukan solusi apabila terdapat teman yang berkelahi. Dengan demikian, penggunaan permainan outbound dapat dipertimbangkan sebagai alternatif kegiatan luar ruangan bagi kelompok B.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | keterampilan sosial, permainan outbound, anak usia dini |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:29 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |