Ramadanti, Sintia (2024) Peran Guru PAI dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Spiritual bagi Siswa SMA Negeri 1 Prambanan Sleman Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031359_JUDUL__241022075655.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031359_BAB_I__241022075656.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031359_BAB_II__241022075656.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031359_BAB_III__241022075656.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031359_BAB_IV__241022075656.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031359_BAB_V__241022075656.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031359_DAFTAR_PUSTAKA__241022075656.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031359_LAMPIRAN__241022075656.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan terkait ketidakseimbangan antara pengembangan intelektualitas dan spiritualitas banyak terjadi pada anak usia sekolah. Atas dasar itulah, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh guru di sekolah adalah dengan berperan aktif dalam melakukan internalisasi nilai-nilai spiritual secara berkelanjutan, agar nilai-nilai tersebut dapat merasuk dan melekat pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai spiritual bagi siswa di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber dan triangulasi waktu. kemudian dilakukan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman terbagi menjadi empat aspek yaitu sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, dan teladan. Faktor pendukung peran guru PAI antara lain: dukungan pihak sekolah dan program yang mendukung pengembangan spiritual siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pola asuh orang tua dan latar belakang sosial ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran Guru PAI, Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual, Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 20 May 2025 01:05 |
Last Modified: | 20 May 2025 01:05 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |