Khasanah, Nurul (2023) Strategi Guru dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa di Daerah 3T (Studi Kasus di SD Negeri Sumber Rahayu Belitang II). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005271_JUDUL__230330103538.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005271_BAB_I__230323011739.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005271_BAB_II__230323011739.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005271_BAB_III__230323011739.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005271_BAB_IV__230323011739.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005271_BAB_V__230323011739.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005271_DAFTAR_PUSTAKA__230323011739.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005271_LAMPIRAN__230323011739.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005271_NASKAH_PUBLIKASI__230325112708.pdf Download (314kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan bagi siswa, dan faktor pendukung dan faktor penghambatnya bagi siswa di daerah 3T (Studi Kasus Di SD Negeri Sumber Rahayu Belitang II).
Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian diambil dari kepala sekolah, guru, dan siswa di SD Negeri Sumber Rahayu Belitang II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru dan siswa dengan instrument observasi dan wawancara yang telah disusun sebelumnya serta dokumentasi berupa visi misi sekolah dan dokumen pendukung lainnya. Triangulasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan Teknik dengan membandingkan hasil wawancara kepala sekolah, guru, siswa, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan bagi siswa dapat dikatakan berhasil karena melalui kegiatan perencanaan, mengarahkan dan melaksanakan kebijakan yang berwawasan lingkungan seperti adanya visi misi dan tujuan sekolah. Kemudian strategi guru yang selalu diterapkan dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan bagi siswa seperti memberikan motivasi terhadap siswa, menciptakan kondisi belajar siswa, terampil dalam memberikan arahan positif kepada siswa, terampil dalam menguasai kelas dengan menyesuaikan situasi dan kondisi ruang kelas dan merubah tingkah laku siswa terhadap lingkungan menjadi lebih baik. Sarana prasarana pedukung yaitu seperti tersedianya tempat pembuangan sampah sesuai jenis sampah, tempat cuci tangan disetiap kelas, dan peralatan kebersihan disetiap kelas. Faktor pendukung strategi guru dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan salah satunya yaitu terdapat beberapa signboard atau papan tanda berupa perintah dan tersedianya alat-alat kebersihan disetiap masing-masing kelas yang telah disediakan oleh sekolah sendiri. Faktor penghambat yaitu belum ada pembuatan lubang sampah sehingga sampah akhir yang dibuang masih terlihat berserakan dihalaman belakang sekolah di SD Negeri Sumber Rahayu Belitang II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi Guru, Karakter Peduli Lingkungan, Siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:24 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |