Re-Design Kemasan Krecek Asin Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: UMKM Krecek Asin Bintang)

Hananti, Zulfah (2023) Re-Design Kemasan Krecek Asin Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: UMKM Krecek Asin Bintang). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600019077_JUDUL__230728123513.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600019077_BAB_I__230728123513.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600019077_BAB_II__230728123513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600019077_BAB_III__230728123513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600019077_BAB_IV__230728123513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600019077_BAB_V__230728123513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600019077_DAFTAR_PUSTAKA__230728123513.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600019077_LAMPIRAN__230728123513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Krecek asin merupakan makanan khas daerah Segoroyoso Pleret Bantul Yogyakarta yang berbahan dasar kulit sapi dan teksturnya menyerupai kerupuk. Salah satu produsen krecek asin di daerah ini yaitu UMKM Krecek Asin Bintang dengan merek Ikan Mas. Konsumen mengeluhkan tentang desain kemasan produk tersebut karena hanya dikemas secara sederhana dengan label yang kurang informasi membuat konsumen kurang puas dengan desain kemasan saat ini sehingga menginginkan perlunya didesain ulang. Peneliti melakukan pengembangan terhadap kemasan krecek asin Ikan Mas guna menghasilkan kemasan krecek asin yang sesuai dengan preferensi konsumen sehingga menambah daya tarik konsumen untuk membeli produk tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kansei engineering yang merupakan metode untuk menerjemahkan kesan konsumen ke dalam spesifikasi desain yang akan dirancang. Pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Responden yang terlibat adalah pelanggan tetap produk krecek asin Ikan Mas yang berada di wilayah Segoroyoso dengan sampel yang diambil ditentukan dengan teknik purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini diperoleh 14 kata kansei, yaitu terdapat klip, terdapat gantungan, vertikal, ukuran lebih pendek, bahan tebal, terdapat komposisi produk, tulisan jelas, terdapat tanggal produksi, terdapat berat bersih produk, terdapat kontak, terdapat alamat, gambar logo rapi, warna bervariasi. Hasil rancangan desain yaitu terdapat zipperlock, handle (gantungan), berbentuk standing pouch, ukuran tinggi 35 cm dan lebar 20 cm, bahan plastik PP 120 mikron, terdapat informasi (komposisi, tanggal produksi, berat bersih, nomor kontak, alamat), bahan label kertas stiker chromo dengan merek GrafTac, gambar logo berupa ilustrasi dan terdapat garis tepi, warna label yaitu hijau gradasi, kuning, biru, putih, merah, dan hitam.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Desain Kemasan, Kansei Engineering, Label Kemasan, Standing Pouch.
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
T Technology > TS Manufactures
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 21 May 2025 06:22
Last Modified: 21 May 2025 06:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83742

Actions (login required)

View Item View Item