Farhan, Muhammad (2024) Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Optimisme Siswa SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000001066_JUDUL__241102095541.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000001066_BAB_I__241102095817.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000001066_BAB_II__241102100035.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000001066_BAB_III__241031032500.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000001066_BAB_IV__241031032500.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000001066_BAB_V__241031032500.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001066_DAFTAR_PUSTAKA__241031032734.pdf Download (155kB) |
Abstract
Optimisme adalah sikap mental yang berperan penting dalam membantu siswa menghadapi tantangan akademik dan non akademik. Dukungan sosial, yang mencakup dukungan emosional, instrumental, dan penghargaan dari lingkungan sekitar seperti keluarga, teman, dan guru, diduga memiliki kontribusi positif terhadap tingkat optimisme siswa. Masalah optimisme yang terjadi pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Sebagian masih rendah yang mana saling berkaitan dengan dukungan sosial maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dukungan sosial terhadap optimisme siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dukungan sosial terhadap optimisme siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa kelas VII.Subjek penelitian yang digunakan 150 siswa kelas VII, VIII,dan IX sebagai responden, dengan jumlah responden laki-laki sebanyak 64 siswa dan responden perempuan sebanyak 86 siswi dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala dukungan sosial dan skala optimisme yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Spearman Rank untuk melihat sejauh mana dukungan sosial mempengaruhi optimisme siswa.
Hasil dari penelitian ini yaitu mayoritas dukungan sosial dan optimisme siswa masuk pada kategori sedang. Dari hasil uji regresi linier sederhana yang dipeoleh nilai (rsquare) 0,128 menunjukkan bahwa hanya 12,8�ri variasi dalam variabel dependen (Optimisme) terhadap variabel independen (Dukungan Sosial). Semakin tinggi dukungan sosial yang diterima siswa, semakin tinggi pula tingkat optimisme mereka dalam menghadapi tantangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Dukungan sosial, Optimisme, siswa SMP |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:36 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |