Afan, Asrul Fadhilah (2024) Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Digitalisasi Surat Pengajuan Lembur Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Studi Kasus: PT. XYZ, Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000019052_JUDUL__241106075655.pdf Download (839kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000019052_BAB_I__241106075655.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000019052_BAB_II__241106075655.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000019052_BAB_III__241106075655.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000019052_BAB_IV__241106075655.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000019052_BAB_V__241106075655.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000019052_DAFTAR_PUSTAKA__241106075655.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000019052_LAMPIRAN__241106075655.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PT XYZ adalah distributor alat berat dan suku cadang yang menyediakan berbagai produk untuk sektor pertambangan, konstruksi, kehutanan, dan pertanian. Meski perusahaan ini telah berkembang, beberapa fungsi masih menggunakan sistem lama, seperti dalam proses pengajuan lembur untuk mekanik lapangan. Penggunaan WhatsApp untuk pengajuan lembur mengakibatkan keterlambatan dalam proses verifikasi oleh pimpinan karena pesan yang menumpuk dari 90 pengajuan setiap harinya, hanya 70 yang diverifikasi. Selain itu, sering terjadi kehilangan data rekap bulanan dan pencatatan data lembur karyawan oleh pimpinan yang tidak memadai. Digitalisasi sistem surat pengajuan lembur digunakan untuk menggantikan sistem manual dengan sistem otomatis yang lebih efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna akhir dan faktor - faktor (konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan waktu) yang mempengaruhi kepuasan pengguna sistem digitalisasi surat pengajuan lembur.
Berdasarkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), penelitian ini menggunakan lima variabel independen (konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan waktu) dan satu variabel dependen (kepuasan pengguna). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel jenuh. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan diproses menggunakan IBM SPSS versi 26. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak sembilan puluh orang, jadi peneliti memutuskan untuk menggunakan semua orang dalam populasi sebagai responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji T mendapatkan nilai signifikan kurang dari 0,05 pada setiap variabel yang menunjukan bahwa variabel konten, akurasi, format, kemudahan pengguna, dan waktu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna. Nilai koefesien determinasi sebesar 0,702, atau 70,2%, berarti secara statistik variabel EUCS (konten, akurasi, format, kemudahan pengguna, dan waktu) berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem digitalisasi surat pengajuan lembur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Digitalisasi, EUCS, Kepuasan, Lembur, Pengguna. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:39 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |