Peran Guru dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Seksual pada Tunagrahita di SDLB Negeri Pembina Yogyakarta

Kaltsum, Nur Aini Ummu (2023) Peran Guru dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Seksual pada Tunagrahita di SDLB Negeri Pembina Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005031_JUDUL__231219020741.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005031_BAB_I__231219020741.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005031_BAB_II__231219020741.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005031_BAB_III__231219020741.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005031_BAB_IV__231219020741.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005031_BAB_V__231219020741.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005031_DAFTAR_PUSTAKA__231219020741.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005031_LAMPIRAN__231219020741.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005031_NASKAH_PUBLIKASI__231219020741.pdf

Download (538kB)

Abstract

Tunagrahita merupakan anak yang memiliki hambatan dan keterbelakangan dalam perkembangan intelegensi dan mental. Kurangnya kemampuan kognitif dan pemahaman anak tunagrahita mengenai organ seksual pada dirinya memicu tingginya potensi pelecehan seksual yang dapat dialami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan guru yang ditemui guru dalam mengatasi penyimpangan perilaku seksual pada siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif di SDLB Negeri Pembina Yogyakarta. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru kelas, guru BP, wakil kepala sekolah dan siswa tunagrahita. Objek penelitian mencakup peran guru dalam mengatasi penyimpangan perilaku seksual pada siswa tunagrahita. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu guru dapat mengatasi penyimpangan perilaku seksual pada tunagrahita di SDLB Negeri Pembina Yogyakarta ditinjau dari tujuh peran guru yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai inspirator pembelajaran, guru sebagai perekayasa pembelajaran, guru sebagai fasilitator dan guru sebagai komunikator/mediator.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Peran guru, penyimpangan perilaku seksual, tunagrahita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 May 2025 03:07
Last Modified: 24 May 2025 03:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83821

Actions (login required)

View Item View Item