Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2022/2023

Apriyani, Reni (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2022/2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001134_JUDUL__231220122610.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001134_BAB_I__231220122610.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001134_BAB_II__231220122610.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001134_BAB_III__231220122610.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001134_BAB_IV__231220122610.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001134_BAB_V__231220122610.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001134_DAFTAR_PUSTAKA__231220122610.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001134_LAMPIRAN__231220122610.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pengembangan potensi yang dimiliki. Kemandirian belajar adalah kemampuan siswa yang tidak bergantung pada orang lain, mengerjakan tugas dengan kemauan sendiri, bisa mengambil keputusan sendiri, mempunyai rasa percaya diri untuk menyampaikan gagasan, ide, dan inisiatif dalam setiap permasalahan yang dihadapi dan mempunyai tanggungjawab sendiri dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP N 1 Dukun.
Jenis penelitian ini, penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini one group pre-tes-pos-tes. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Dukun kelas VII A dan VII B yang total berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 8 siswa berdasarkan teknik purposive sampling yang dilakukan peneliti dalam menentukan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala likert. Uji validasi penelitian ini menggunakan product moment dan uji rehabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis penelitian menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS 26 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dalam kemandirian belajar setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok yang telah diberikan. Hal ini ditunjukkan pada nilai rata – rata pretes yaitu 53,2 dan posttes rata - rata nilai menjadi 95,4. Berdasarkan hasil uji wilcoxon dengan menggunakan SPSS 26 didapatkan Z hitung pada kelas eksperimen yaitu -2, 521 dan taraf signifikan 0,05. Diketahui nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,012<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP N 1 Dukun.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemandirian belajar, Bimbingan kelompok
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 26 May 2025 07:43
Last Modified: 26 May 2025 07:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83832

Actions (login required)

View Item View Item