Arwindhi, Asti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Teks Prosedur Berbasis Powtoon untuk Siswa SMA Kelas XI. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900003066_JUDUL__230914071459.pdf Download (679kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900003066_BAB_I__230914071459.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900003066_BAB_II__230914071459.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900003066_BAB_III__230914071459.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900003066_BAB_IV__230914071459.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900003066_BAB_V__230914071459.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003066_DAFTAR_PUSTAKA__230914071459.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900003066_LAMPIRAN__230914071459.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003066_NASKAH_PUBLIKASI__230914071459.pdf Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi teks prosedur kelas XI di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan media Powtoon sebagai media pembelajaran teks prosedur kelas XI SMA, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Powtoon sebagai media pembelajaran teks prosedur kelas XI di SMA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Sleman khusus pada mata pelajaran bahasa Indonesia terkait materi teks prosedur. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan pengisian angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif-kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan dikategorikan “Sangat Baik”. Hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 92,38. Terdapat juga skor yang telah didapatkan dari ahli media sebesar 95,86, dari ahli materi mendapatkan skor sebesar 96,36, dari ahli pengajaran mendapatkan skor sebesar 100, dan dari pengguna media memperoleh skor sebesar 77,33. Berdasarkan hal tersebut, kesimpulan yang didapatkan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Powtoon, mampu menjadi salah satu solusi bagi kegiatan pembelajaran di sekolah serta menjadi salah satu media yang menarik dan inovatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media Pembelajaran, Powtoon, Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 26 May 2025 08:02 |
Last Modified: | 26 May 2025 08:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |