Wibowo, Fredy Ariono (2023) Penentuan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOT dan AHP (Studi Kasus di L’fiora Gelato Jl. Affandi Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800019103_JUDUL__230914111439.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800019103_BAB_I__230914111439.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800019103_BAB_II__230914111439.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800019103_BAB_III__230914111439.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800019103_BAB_IV__230914111439.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800019103_BAB_V__230914111439.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800019103_DAFTAR_PUSTAKA__230914111439.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800019103_LAMPIRAN__230914111439.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
L’fiora Gelato merupakan cafe di Yogyakarta yang menjual ice cream gelato dengan
berbagai varian rasa. Banyaknya pesaing dalam bisnis ini dan strategi pemasaran yang dilakukan
kurang efektif membuat L’fiora Gelato mengalami penurunan penjualan. Penurunan penjualan
terjadi pada periode bulan September 2022 hingga bulan Maret 2023. Diketahui omzet yang didapat
pada periode tersebut dibawah target penjualan yang diharapkan yaitu Rp. 50.000.000 sehingga
dalam upaya mencapai target penjualan L’fiora Gelato perlu melakukan perancangan alternatif
strategi pemasaran yang lebih optimal. Menanggapi permasalahan yang terjadi maka penelitian ini
bertujuan untuk menentukan alternatif strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi internal dan
eksternal pada L’fiora Gelato kemudian menentukan prioritas dari alternatif strategi pemasaran yang
didapat dalam upaya pencapaian target penjualan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process
(AHP). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor dari lingkungan internal
(kekuatan dan kelemahan) dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) agar dapat menentukan
alternatif strategi yang sesuai. AHP digunakan untuk menentukan prioritas alternatif strategi
pemasaran dari hasil analisis SWOT. Data didapatkan dari hasil observasi di L’fiora Gelato,
wawancara, kuisioner SWOT, dan kuisioner AHP yang dibagikan kepada owner dan bagian
pemasaran.
Berdasarkan hasil analisis SWOT diperoleh sembilan alternatif strategi, selanjutnya
berdasarkan AHP diperoleh tiga prioritas alternafit strategi yang dapat direkomendasikan pada
L’fiora Gelato yaitu melakukan pemberlakuan diskon pada setiap pembelian dengan bobot skor
0,1631 (penetrasi pasar), kedua yaitu menggunakan platform iklan online dengan bobot skor 0,1630
(pengembangan pasa), dan ketiga meningkatkan kualitas konten Instagram agar lebih menarik
konsumen dengan bobot skor 0,1442 (pengembangan produk).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, AHP |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 03:03 |
Last Modified: | 28 May 2025 03:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |