Alfissuroya, Ulinnuha Nur (2024) Pengembangan Soal AKM Literasi Membaca: Teks Informasi pada Materi Teks Eksposisi Berbantuan Media Wizer.Me Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000003026_JUDUL__241120080204.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000003026_BAB_I__241120080204.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000003026_BAB_II__241120080204.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000003026_BAB_III__241120080204.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000003026_BAB_IV__241120080204.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000003026_BAB_V__241120080204.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003026_DAFTAR_PUSTAKA__241120080204.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000003026_LAMPIRAN__241120080204.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang bertujuan sebagai evaluasi mutu dalam sistem pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi membaca peserta didik dan pemahaman guru terkait soal-soal AKM yang belum maksimal. Selain itu, peserta didik juga masih mengalami kendala dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal AKM. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan analisis atau kondisi kebutuhan peserta didik dan guru mengenai soal-soal AKM literasi membaca materi teks eksposisi kelas VIII SMP; (2) mendeskripsikan proses pengembangan soal-soal AKM pada materi teks eksposisi kelas VIII SMP; (3) mendeskripsikan keefektifan soal-soal AKM literasi membaca pada materi teks eksposisi kelas VIII berbantuan media wizer.me.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Temanggung. Objek dalam penelitian ini berupa pengembangan soal AKM literasi membaca: teks infomasi pada materi teks eksposisi berbantuan media wizer.me. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan skala Likert dalam merapikan data kuisioner yang telah diisi oleh responden yaitu ahli pembelajaran, ahli media, dan ahli pengajaran.
Hasil penelitian pengembangan ini yaitu (1) soal AKM literasi membaca telah diterapkan, namun beberapa peserta didik masih rendah dalam memahami dan menganalisis soal-soal AKM literasi membaca; (2) pengembangan soal AKM menggunakan metode ADDIE yang memperoleh hasil validasi para ahli yaitu “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata 99; (3) keefektifan soal AKM yang dikembangkan dapat dilihat pada hasil statistik uji Independent T-Test yaitu, nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan secara signifikan antara post-test kelas kontrol dengan eksperimen. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil nilai rata-rata yaitu pada kelas eksperimen mendapatkan 77.33, sedangkan kelas kontrol hanya 71.00. Hal ini menyimpulkan pengembangan ini “efektif” dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pengembangan, Soal AKM, Teks Eksposisi, Wizer.me |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 06:12 |
Last Modified: | 28 May 2025 06:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |