Azizah, Miftahul Fitri (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005294_JUDUL__230204104827.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005294_BAB_I__230204104827.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005294_BAB_II__230204104827.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005294_BAB_III__230204104827.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005294_BAB_IV__230204104827.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005294_BAB_V__230204104827.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005294_DAFTAR_PUSTAKA__230204104827.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005294_LAMPIRAN__230204104827.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005294_NASKAH_PUBLIKASI__230204104827.pdf Download (870kB) |
Abstract
Kecerdasan emosional pada anak usia sekolah dasar sangat mempengaruhi proses pembelajaran dan prestasi belajar. Kecerdasan emosional pada anak akan berkembang dengan menyesuaikan lingkungan dan kondisi sekitar melalui proses pembelajaran dan pengalaman. Kecerdasan emosional mencakup kemampuan yang berbeda tetapi saling melengkapi dengan kecerdasan intelektual, hal tersebut terbukti bahwa kecerdasan emosional pada peserta didik dapat mengembangkan potensi keterampilan pada dirinya untuk hidup di lingkungan masyarakat dan berinteraksi sesame makhluk sosial. Salah satu contoh untuk membentuk kecerdasan emosional pada anak yaitu dengan melakukan pembiasaan untuk menyusun jadwal belajar, mengucapkan tolong dan terimakasih, membantu orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode regresi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IVC SD Muhammadiyah Pakel. Objek penelitian adalah pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi nilai raport siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik desktiptif, uji prasyarat dan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini yaitu pada uji normalitas antara variabel kecerdasan emosional (X) dan variabel prestasi belajar (Y) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,192 > 0,05 yang berarti memiliki distribusi normal. Uji linearitas antara variabel kecerdasan emosional (X) dan variabel prestasi belajar (Y) didapatkan nilai signifikansi deviation from linearity sebesar 0,244 > 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang linier antara variabel X dengan variabel Y. Hasil data koefisien variabel kecerdasan emosional (X) dan variabel prestasi belajar (Y) didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 yang memiliki arti bahwa variabel kecerdasan emosional (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel prestasi belajar (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel kecerdasan emosional (X) berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar (Y).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kecerdasan, emosional, prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 06:12 |
Last Modified: | 28 May 2025 06:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |