Athaillah, Rafi'ul Akmal (2024) Peran Guru Ismuba dalam Membina Tahfidz Qur’an Siswa di SD Muhammadiyah Pandes Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031004_JUDUL__240917105615.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031004_BAB_I__240917105615.pdf Download (776kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031004_BAB_II__240917105615.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031004_BAB_III__240917105615.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031004_BAB_IV__240917105615.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031004_BAB_V__240917105615.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031004_DAFTAR_PUSTAKA__240917105615.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031004_LAMPIRAN__240917105615.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PERAN GURU ISMUBA DALAM MEMBINA PROGRAM TAHFIDZ DI
SD MUHAMMADIYAH PANDES YOGYAKARTA
Oleh: Rafi’ul Akmal Athaillah
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak nya, pendidikan dasar
berbasis agama Islam yang peserta didiknya kesulitan dalam hal membaca Al
Qur'an sesuai hukum tajwidnya, sehingga untuk menghafalkannya juga sulit
dikarenakan belum terlalu menguasai hukum tajwidnya, tujuan penelitian ini,
yakni:(1)bagaimana peran guru ISMUBA dalam membina tahfidz Qur’an di SD
Muhammadiyah Pandes Yogyakarta; (2) Apa faktor pendukung dan penghambat
guru ISMUBA dalam membina tahfidz di SD Muhammadiyah Pandes Yogyakarta
(3) Manfaat pembinaan tahfidz di SD Muhammadiyah Pandes Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi aktif, wawancara semi
terstruktur, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah: guru ISMUBA,
guru tahfidz, dan siswa-siswi SD Muhammadiyah Pandes Yogyakarta yang
berjumlah 10 orang. Cek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data
dan triangulasi teknik, Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana peran guru ISMUBA dalam
membina siswa Tahfidz di SD Muhammadiyah Pandes Yogyakarta, Membimbing
siswa dalam meningkatkan kemampuan hafalan, Memotivasi siswa untuk menjaga
dan mempertahankan hafalannya, serta Memberikan fasilitas kepada siswa,
sedangkan Faktor Pendukung ketika bimbingan tahfidz di SD Muhammadiyah
Pandes Yogyakarta, meliputi faktor internalnya yaitu; faktor jasmani yang sehat,
siswa yang disiplin, faktor eksternal meliputi; seperti Sarana Prasarana, Orang Tua/
Wali yang selalu melakukan pengawasan terhadap siswa, serta Siswa yang disiplin.
Faktor penghambat internalnya yakni; faktor jasmani yang kurang sehat, Siswa
yang kurang disiplin. Faktor eksternalnya yaini; Tenaga Pendidik, Orang Tua/ Wali
Siswa yang kurang dalam melakukan pengawasan terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran Guru ISMUBA, Membina Tahfidzul Qur'an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 04:35 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 04:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |