Pengembangan Media Gamifikasi Berbasis Android pada Teks Surat Pribadi dan Surat Resmi SMP Kelas VII

Oktaviana, Diana (2023) Pengembangan Media Gamifikasi Berbasis Android pada Teks Surat Pribadi dan Surat Resmi SMP Kelas VII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900003059_JUDUL__230622091750.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900003059_BAB_I__230622091750.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900003059_BAB_II__230622091750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900003059_BAB_III__230622091750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900003059_BAB_IV__230622091750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900003059_BAB_V__230622091750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003059_DAFTAR_PUSTAKA__230622091750.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900003059_LAMPIRAN__230622091750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003059_NASKAH_PUBLIKASI__230622091750.pdf

Download (954kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pasca pandemi Covid-19 yang menuntut peserta didik belajar secara daring mengakibatkan banyak peserta didik yang mengalami kecanduan game online, sehingga berdampak kepada minat belajar dan menurunnya prestasi peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mewadahi sebuah media pembelajaran guna mengatasi kecanduan game online dengan mengembangkan produk media gamifikasi berbasis android yang dapat membantu menarik minat belajar peserta didik dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) pengembangkan media gamifikasi berbasis android yang dikaitkan dengan materi pembelajaran bahasa Indonesia teks surat pribadi dan surat resmi SMP kelas VII, (2) hasil kelayakan media gamifikasi berbasis android pada materi teks surat pribadi dan surat resmi SMP kelas VII, dan (3) menguji keefektifan media gamifikasi berbasis android pada materi teks surat pribadi dan surat resmi SMP kelas VII.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan yaitu ADDIE dengan lima tahapan antara lain analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah sebagai berikut, (1) Pengembangan media gamifikasi berbasis android yang menggunakan desain penelitian ADDIE sangat layak diterapkan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah, (2) berdasarkan kriteria kelayakan yang diperoleh dari hasil skor yang didapatkan ahli validasi materi memperoleh skor 97%, ahli media mendapatkan skor 99%, dan ahli pengajaran mendapatkan skor 98%. Nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil uji kelayakan sebesar 98% dengan kategori “Sangat Layak”, (3) hasil yang diperoleh dari uji efektifitas yang meliputi uji Independent Sample T-Test hasil rata-rata pre tes kontrol lebih tinggi daripada pre tes eksperimen. Kemudian, pada hasil rata-rata post tes menunjukan bahwa post tes eksperimen lebih tinggi daripada kelompok post tes kontrol sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen dari kedua tes yakni pre tes dan post test.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pengembangan, Gamifikasi, Surat Pribadi, Surat Resmi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:42
Last Modified: 04 Jun 2025 03:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84012

Actions (login required)

View Item View Item