Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik SD Muhammadiyah Karangkajen

Kusuma, Alifia Elvita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik SD Muhammadiyah Karangkajen. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005229_JUDUL__240717101720.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005229_BAB_I__240717101720.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005229_BAB_II__240717101720.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005229_BAB_III__240717101720.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005229_BAB_IV__240717101721.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005229_BAB_V__240717101721.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005229_DAFTAR_PUSTAKA__240717101721.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005229_LAMPIRAN__240717101721.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Membaca memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan kemampuan, kebiasaan, dan sikap peserta didik sepanjang perjalanan perkembangan mereka. Penguasaan bahasa melalui keterampilan membaca yang baik dan benar memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi berbagai cabang ilmu pengetahuan lainnya. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif digunakan oleh guru sebab metode ini juga sudah dirancang sesuai dengan peserta didik di tingkat dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Karangkajen.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CIRC sedangkan kelas control menggunakan model pembelajaran Tanya Jawab. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test control group design. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test dan Independent Sample T-test. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II A dan II C di SD Muhammadiyah Karangkajen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca peserta didik. Pengumpulan data meliputi tes praktik membaca baik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran CIRC.
Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh dari model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca peserta didik di SD Muhammadiyah Karangkajen, terutama pada kelas II A yang terlihat dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada kelompok eksperimen (CIRC) dan kelompok kontrol, yang menunjukkan nilai Thitung sebesar 2,278 > Ttabel sebesar 2,024. Selain itu, terdapat perbedaan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 74,28 sedangkan untuk kelompok kontrol adalah 72,30.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bahasa Indonesia, CIRC, Keterampilan Membaca, Model Kooperatif, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 04 Jun 2025 04:38
Last Modified: 04 Jun 2025 04:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84043

Actions (login required)

View Item View Item