Ernawati, Anisa Dwi (2023) Pengaruh Strategi Polya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005328_JUDUL__230410075457.pdf Download (981kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005328_BAB_I__230410075457.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005328_BAB_II__230410075457.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005328_BAB_III__230410075457.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005328_BAB_IV__230410075457.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005328_BAB_V__230410075457.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005328_DAFTAR_PUSTAKA__230410075457.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005328_LAMPIRAN__230410075457.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005328_NASKAH_PUBLIKASI__230410075457.pdf Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi FPB dan KPK, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan eksperimen menggunakan strategi Polya pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi Polya berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV sekolah dasar.
Metode penelitian ini termasuk pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN Girirejo 2, Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes (pretest dan posttest), lembar observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik inferensial serta uji hipotesis menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa posttest kemampuan berpikir kritis memperoleh bahwa aspek 1 interpretasi persentase 92%, aspek 2 analisis persentase 79%, aspek 3 evaluasi persentase 72�n aspek 4 inferensi persentase 88% dipengaruhi oleh jalannya suatu langkah strategi polya langkah 1 persentase 90%, langkah 2 persentase 90%, langkah 3 persentase 65�n langkah 4 persentase 75%. Maka semakin tinggi hasil dari kemampuan berpikir kritis maka dapat dipengaruhi dari mengerjakan suatu permasalah menggunakan langkah strategi Polya. Hasil tersebut dengan uji-t sig. (2-tailed) terlihat dari nilai signifikansi yang diperoleh posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga dikuatkan dengan hasil rata-rata posttest kelas ekperimen strategi Polya adalah 82,7 atau 83% dikategorikan baik. Sedangkan untuk rata-rata posttest kelas kontrol pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 69 atau 69�n dikategorikan kurang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran konvensional lebih rendah dibanding dengan penerapan strategi Polya yang dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi Polya, Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:02 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 06:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |