Analisis Bauran Pemasaran Rumah Sakit Berdampak pada Tingkat Kunjungan Pasien Instalasi Rawat Jalan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Salina, Wiranti (2024) Analisis Bauran Pemasaran Rumah Sakit Berdampak pada Tingkat Kunjungan Pasien Instalasi Rawat Jalan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900029145_JUDUL__240920113202.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900029145_BAB_I__240920113202.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900029145_BAB_II__240920113202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900029145_BAB_III__240920113202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900029145_BAB_IV__240920113202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900029145_BAB_V__240920113202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900029145_DAFTAR_PUSTAKA__240920113202.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900029145_LAMPIRAN__240920113202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900029145_NASKAH_PUBLIKASI__240920113202.pdf

Download (218kB)

Abstract

Latar Belakang: Bauran pemasaran merupakan paduan dari berbagai variabel marketing yang digunakan oleh organisasi untuk mencapai jumlah penjualan dan kunjungan pasar yang telah ditergetkan. Bauran pemasaran juga digunakan dalam memasarkan rumah sakit. Oleh karena itu rumah sakit selalu siap bersaing baik dengan rumah sakit lain untuk mencapai pengelolaan yang baik dan menyusun suatu strategi pemasaran agar meningkatkan kunjungan pasien. Tujuan penelitian untuk menganalisis bauran pemasaran rumah sakit berdampak pada tingkat kunjungan pasien instalasi rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan menunggunakan Teknik Purposive sampling informan yang digunakan sebanyak 4 yaitu 1 manager pemasaran rumah sakit sebagai informan kunci dan 3 staf pemasaran rumah sakit sebagai informan pendukung. Instrument yang digunakan berupa pedoman wawancara. Penelitian ini telah mendapatkan sertifikat etik No. 00145/KT.7.4/IV/2024 dari RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil: Produk rumah sakit yang ditawarkan berupa jasa pelayanan dengan menyediakan dokter spesialis dan sub-spesialis. Harga yang ditawarkan rumah sakit sesuai dengan manfaat dan kualitas yang diberikan kepada pasien. Lokasi rumah sakit sudah strategi untuk mempromosikan serta mendapatkan produk jasa mudah didapatkan. Promosi rumah sakit dilakukan dengan menggunakan media social. Orang dimaksud bukan pasien tetapi SDM yang bekerja di rumah sakit, semua pegawai rumah sakit bertanggung jawab atas memasarkan layanan. Proses yang dilakukan oleh rumah sakit cepat dan teliti dalam menanggapi keluhan pasien. Bukti fisik rumah sakit berusaha menuju lingkungan yang nyaman. Kesimpulan: Bauran pemasaran produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik rumah sakit sudah cukup baik untuk meningkatkan kunjungan pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bauran pemasaran, Rumah Sakit, Kunjungan Pasien
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:38
Last Modified: 11 Jun 2025 03:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84111

Actions (login required)

View Item View Item