Furu, Nurul Hidayah (2025) Analisis Kualitas Aplikasi BPDDIY Mobile Menggunakan Standar ISO 25010. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800016114_JUDUL__250324025009.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800016114_BAB_I__250324025009.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800016114_BAB_II__250324025009.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800016114_BAB_III__250324025009.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800016114_BAB_IV__250324025009.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800016114_BAB_V__250324025009.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800016114_DAFTAR_PUSTAKA__250324025009.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800016114_LAMPIRAN__250324025009.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1800016114_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250324025009.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Mobile banking BPDDIY adalah layanan perbankan yang memungkinkan nasabah Bank Pembangunan Daerah (BPD) Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengakses layanan perbankan melalui perangkat mobile. BPDDIY Mobile memiliki rating 3,7 di Play Store dan 3,3 di App Store, yang mana rating di bawah 4 dari skala 5 menunjukkan bahwa aplikasi ini mungkin memiliki beberapa kekurangan atau masalah yang perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas aplikasi BPDDIY Mobile menggunakan standar ISO 25010.
Pengukuran kualitas aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode ISO 25010, khususnya pada dimensi Quality In Use, yang melibatkan lima karakteristik utama yaitu effectiveness, efficiency, satisfaction, freedom from risk, dan context coverage. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert, kemudian dianalisis berdasarkan lima karakteristik tersebut untuk menilai sejauh mana aplikasi memenuhi kebutuhan pengguna.
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai persentase untuk masing-masing karakteristik, yaitu effectiveness sebesar 49,70%, efficiency sebesar 40,82%, satisfaction sebesar 75,79%, freedom from risk sebesar 73,95%, dan context coverage sebesar 69,86%. Hasil ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas dari aplikasi BPDDIY Mobile.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | ISO 25010, Quality In Use, aplikasi mobile banking, kualitas aplikasi, BPDDIY Mobile |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:39 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |