Noviasara, Sovi Sri (2023) Upaya Meningkatkan Harapan Akademik melalui Psikodrama pada Siswa Kelas VIII A SMPN 3 Pandak Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900001079_JUDUL__230927083711.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900001079_BAB_I__230927083711.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900001079_BAB_II__230927083711.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900001079_BAB_III__230927083711.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900001079_BAB_IV__230927083711.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900001079_BAB_V__230927083711.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001079_DAFTAR_PUSTAKA__230927083711.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900001079_LAMPIRAN__230927083711.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena setelah pandemi di mana kebiasaan
buruk pada saat pandemi terbawa ke sekolah ini terjadi di SMPN 3 Pandak Bantul, siswa
memiliki harapan akademik yang rendah, rendahnya interaksi siswa, kurangnya inisiatif
siswa dalam belajar, sehingga perlu adanya layanan untuk meningkatkan harapan
akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan harapan akademik siswa
menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama pada kelas VIII A
di SMPN 3 Pandak Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian sebanyak
32 siswa, sample penelitian 5 siswa. Instrument penelitian berupa skala harapan
akademik, selain itu peneliti juga menggunakan observasi untuk mengetahui se jauh mana
perkembangan respon siswa selama pelaksanaan layanan. Analisis data yang di gunakan
dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus T-test sebagai pembanding antara
sebelum diberikan layanan dan se sudah diberikan layanan
Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan pada harapan akademik siswa kelas
VIII a SMPN 3 Pandak Bantul sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan
kelompok menggunakan teknik psikodrama terdapat peningkatan. Dapat di Tarik
kesimpulan upaya meningkatkan harapan akademik menggunakan teknik psikodrama
terdapat peningkatan dalam agency suatu energy untuk dapat mencapai tujuan serta
pathways rencana untuk mencapai tujuan. Psikodrama merupakan upaya yang perlu
dikembangkan oleh guru BK dalam memberikan layanan yang bertujuan untuk
membantu siswa dalam meningkatkan harapan akademik siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Harapan Akademik, Teknik Psikodrama |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 06:17 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 06:17 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |