Pengembangan Game "Math Quest" untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Kognitif Anak

Robi'in, Bambang and Ismail, Taufiq and Fahana, Jefree Pengembangan Game "Math Quest" untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Kognitif Anak. [Artikel Dosen] (In Press)

[thumbnail of Laporan Akhir Penelitian] Text (Laporan Akhir Penelitian)
Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal__2024_197907202005011002.pdf - Draft Version

Download (2MB)

Abstract

Generasi Alpha, yang lahir setelah tahun 2010yang tumbuh di era digital dengan rentang
perhatian yang pendek dan preferensi untuk pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran
tradisional sering kali tidak efektif dalam menarik minat dan mempertahankan konsentrasi mereka.
Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk metode pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan kognitif dan konsentrasi anak-anak ini.
Penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dalam
pengembangan aplikasi mobile game edukasi "Math Quest." GDLC melibatkan tahap
perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, dan peluncuran. Game ini dirancang untuk
meningkatkan kemampuan matematika, pemecahan masalah, logika, dan berpikir kritis anak-anak
generasi alpha, serta menekankan fokus dan ketekunan.
Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan aplikasi "Math Quest" yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi anak-anak denga TKT level 3. Selain itu,
penelitian ini akan menghasilkan luaran artikel ilmiah yang diterbitkan pada prosiding seminar internasiional terindeks scopus. Penelitian juga akan menghasilkan luaran tambahan berupa hak cipta program komp

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: S.T., M.Cs Taufiq Ismail
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:57
Last Modified: 16 Sep 2025 01:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/87876

Actions (login required)

View Item View Item