Robi'in, Bambang and Ismail, Taufiq and Fahana, Jefree Pengembangan Game "Math Quest" untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Kognitif Anak. [Artikel Dosen] (In Press)
![]() |
Text (Laporan Akhir Penelitian)
Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal__2024_197907202005011002.pdf - Draft Version Download (2MB) |
Abstract
Generasi Alpha, yang lahir setelah tahun 2010yang tumbuh di era digital dengan rentang
perhatian yang pendek dan preferensi untuk pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran
tradisional sering kali tidak efektif dalam menarik minat dan mempertahankan konsentrasi mereka.
Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk metode pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan kognitif dan konsentrasi anak-anak ini.
Penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dalam
pengembangan aplikasi mobile game edukasi "Math Quest." GDLC melibatkan tahap
perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, dan peluncuran. Game ini dirancang untuk
meningkatkan kemampuan matematika, pemecahan masalah, logika, dan berpikir kritis anak-anak
generasi alpha, serta menekankan fokus dan ketekunan.
Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan aplikasi "Math Quest" yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi anak-anak denga TKT level 3. Selain itu,
penelitian ini akan menghasilkan luaran artikel ilmiah yang diterbitkan pada prosiding seminar internasiional terindeks scopus. Penelitian juga akan menghasilkan luaran tambahan berupa hak cipta program komp
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | S.T., M.Cs Taufiq Ismail |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:57 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:57 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/87876 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |