KULIAH KERJA NYATA LAPORAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, ADMINISTRASI DI SD NEGERI RUNGGU, BELO, BIMA, NUSA TENGGARA BARAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode Ke-84 DEVISI II.A.1 Tahun Akademik 2020/2021

Rais, Amin (2021) KULIAH KERJA NYATA LAPORAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, ADMINISTRASI DI SD NEGERI RUNGGU, BELO, BIMA, NUSA TENGGARA BARAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode Ke-84 DEVISI II.A.1 Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.A.1_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_II.A.1_REGULER 84.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.A.1_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.A.1_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar (KM) Angkatan 1 adalah salah satu program Kampus Merdeka Kampus Mengajar (MBKM) yang pelopori oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud-ristek) yaitu Nadiem Anwar Makarim, yang betujuan untuk memberikan kebebesan kepada mahasiswa seluruh Indonesia mengabdi dan merasakan pendidikan di Sekolah Dasar selama tiga bulan. Program Kampus Mengajar ini adalah program integrasi dari program sebelumnya, Program Kampus Mengajar Perintis (KMP) yang bertujuan untuk membantu Sekolah Dasar di Kota/Kabupaten di seluruh daerah dengan kriteria Terdepan, Terbelakang, dan Tertinggal (3T) salah satunya SD Negeri Runggu.
Fokus Kampus Mengajar di daerah 3T ialah bertujuan untuk membantu Literasi dan Numerasi, Adaptasi Teknologi, dan Administrasi Sekolah dan Guru yang rentan terhadap penularan Covid-19 di mana kesadaran masyarakat masih minim terhadap kesehatan dan fasilitas kesehatan, yang dapat menyebabkan kekacauan akibat kapasitas rumah sakit sediki jika terjadi pelonjakan infeksi Covid-19. Untuk mencegah terjadinya ketimpangan sosial dan ketidakmeratanya pendidikan maka perlu adanya upaya atau solusi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya anak-anak di Sekolah Dasar, supaya teredukasi dalam menghadapi segala penyakit bukanya hanya Covid-19 tetapi penyakitlainya. Sementara itu, mahasiswa peserta Kampus Mengajar tidak hanya mengajarkan Literasi dan Numerasi, Adaptasi Teknologi, dan Administrasi Sekolah dan Guru melainkan mahasiswa sebagai duta Kampus Mengajar untuk menjadi contoh untuk para murid dan guru dalam mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan), mendisiplinkan anak-anak, memperkenalkan metode pembelajaran yang menarik, dan merubah ekosistem kelas untuk diberikan kebebasan dalam berpendapat supaya lebih terbuka terhadap budaya lokal dan luar, maupun lintas Negara di dunia.
Kata Kunci: Kampus Mengajar Angkatan 1, 3T, Covid-19, SD Negeri Runggu, Pendidikan.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-English Letters(S1-Sastra Inggris)
Depositing User: Amin Rais
Date Deposited: 18 Jul 2021 20:48
Last Modified: 18 Jul 2021 20:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item View Item