IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DITINJAU DARI TAHAP PENGEMBANGAN DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Triaryanti, Hanika and Hidayah, Nur (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DITINJAU DARI TAHAP PENGEMBANGAN DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1 (1). pp. 35-39. ISSN e-ISSN: 2614-1620

[thumbnail of HASIL CEK_Hidayah Triaryanti_Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembanga.pdf] Text
HASIL CEK_Hidayah Triaryanti_Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembanga.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hidayah Triaryanti_Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembanga.pdf] Text
Hidayah Triaryanti_Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembanga.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of peer Review_Hidayah Triaryanti_Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembanga.pdf] Text
peer Review_Hidayah Triaryanti_Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembanga.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of Peer Review 2_Hidayah Triaryanti_Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembanga.pdf] Text
Peer Review 2_Hidayah Triaryanti_Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembanga.pdf

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi program Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) ditinjau dari Tahap Pengembangan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah,
beberapa guru kelas, dan beberapa peserta didik secara acak. Objek penelitian adalah
segala hal terkait program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tahap pengembangan di SD
Unggulan Aisyiyah Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and
Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan
triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: Implementasi program Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) pada tahap pengembangan sudah berjalan baik, adapun terdapat tahapan (1)
Perencanaan, yaitu sekolah membuat Tim Literasi Sekolah untuk menyusun Rencana Kerja
Tahunan berkaitan dengan literasi (2) Pelaksanaan, meliputi pembuatan pojok baca,
pemilihan buku bacaan, pembiasaan membaca dan menulis, pemanfaatan perpustakaan,
penghargaan peserta didik, menciptakan lingkungan kaya teks, lomba literasi, dan
perlibatan publik, (3) Evaluasi, meliputi ketercapaian, faktor pendukung dan penghambat,
serta keberlanjutan program literasi

Item Type: Artikel Umum
Additional Information: Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Nur Hidayah
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:19
Last Modified: 01 Mar 2023 01:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37855

Actions (login required)

View Item View Item