PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II YOGYAKARTA

Wulandari, Monika Feby and Hidayah, Nur (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II YOGYAKARTA. Fundamental Pendidikan Dasar, 3 (2). pp. 195-209. ISSN 2614-1620

[thumbnail of Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf] Text
Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf] Text
HASIL CEK_Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Peer Review_Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf] Text
Peer Review_Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of Peer Review 2_Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf] Text
Peer Review 2_Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf] Text
HASIL CEK_Hidayah Wulandari_Karakter kreatif, Hizbul Wathan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter kreatif
melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen II Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah pembina, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV dan V. Objek
penelitian ini adalah pembentukan karakter kreatif peserta didik melalui ekstrakurikuler
Hizbul Wathan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Keabsahan
data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data berdasarkan
teori Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion
drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter kreatif
peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen II
Yogyakarta dilakukan berdasarkan metode kepanduan Hizbul Wathan yaitu: (1) Pemberdayaan anak didik lewat sistem beregu; (2) Kegiatan yang dilakukan di alam terbuka;
(3) Pendidikan dengan metode yang menarik, menyenangkan, dan menantang; (4)
Penggunaan sistem kenaikan tingkat dan tanda kecakapan; (5) Sistem satuan dan kegiatan
terpisah antara pandu putera dan pandu puteri. Karakter kreatif peserta didik yang terbentuk
melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhmmadiyah Karangkajen II yaitu hasrat
keingintahuan yang cukup besar, bersikap terbuka terhadap pengalaman baru, panjang akal,
keingintahuan untu
k menemukan, cenderung lebih menyukai tugas yang berat dan sulit, cenderung
mencari jawaban yang luas dan memuaskan, memiliki dedikasi bergairah serta aktif dalam
melaksanakan tugas, berfikir fleksibel, kemampuan membuat analisis dan sintesis, memiliki
semangat bertanya serta meneliti, dan memiliki daya abstraksi yang cukup baik.

Item Type: Artikel Umum
Additional Information: karakter kreatif, Hizbul Wathan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Nur Hidayah
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:35
Last Modified: 01 Mar 2023 01:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37861

Actions (login required)

View Item View Item