Damayanti, Erina (2022) LAPORAN KKN REGULAR 100 KAMPUS MENGAJAR. [Laporan KKN] (Unpublished)
Text
Reguler_100_I.A.1..pdf Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan dalam suatu negara adalah tonggak untuk menentukan apakah suatu negara
dapat dikatakan sebagai negara yang maju atau tidak. Infrastruktur dalam pendidikan harus
mendukung demi terciptanya pendidikan yang baik, tetapi hingga saat ini masih banyak
infrastruktur yang masih tertinggal baik dalam sarana dan prasarana, guru, akses yang
terbatas dan lain sebagainya terutama daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Dalam hal
ini, KEMENDIKBUD mengeluarkan suatu program Kampus merdeka untuk mengatasi
persoalan diatas yakni melalui Kampus Mengajar. Kampus Mengajar merupakan salah satu
bagian program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), ini merupakan salah satu
kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Merdeka belajar adalah proses
menggali potensi terbesar para guru dan siswa untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas
pembelajaran secara mandiri. Program kampus mengajar merupakan bagian dari kegiatan
mengajar di sekolah, dengan membantu pembelajaran untuk Sekolah Dasar dan Sekolah
Menengah Pertama yang berstatus 3T serta sekolah yang memiliki akreditasi paling tinggi
B untuk sekolah menengah pertama dan akreditasi paling tinggi A untuk sekolah yang berada
di wilayah terpencil ataupun pinggiran kota. Menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari
penguatan pembelajaran literasi dan numerasi serta menjadi mitra guru dalam melakukan
kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Kampus Mengajar memiliki 3 tujuan utama,
yaitu berfokus membantu pembelajaran yaitu peningkatan bidang literasi dan numerasi,
penerapan pembelajaran berbasis teknologi, dan membantu administrasi. Salah satu sekolah
sasaran yang menjadi fokus utama dalam peningkatan kualitas pendidikan adalah SMP
Muhammadiyah Panjatan Kulon Progo.
Tujuan dari keikutsertaan mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ini merupakan
sebuah proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan,
mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu
pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam
pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan
mahasiswa dalam pembangunan pendidikan di Indonesia
Item Type: | Laporan KKN |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | Erina Damayanti |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:16 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40168 |
Actions (login required)
View Item |