Utami, Endah and Fadhli Lawalata, rezki (2021) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN HOTEL DENGAN METODE KANO BERDASARKAN DIMENSI SERVQUAL. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI), XV (3). pp. 330-342. ISSN p-ISSN 2085-5869/ e-ISSN 2598-4853
Text
9865-36632-3-PB.pdf Download (376kB) |
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap layanan suatu
Hotel di kawasan Malioboro Yogyakarta. Berawal dari permasalahan terjadinya
penurunan tingkat hunian yang terjadi selama tiga tahun berturut-turut serta adanya
beberapa keluhan konsumen yang diperoeleh dari kotak saran dan aplikasi pemesanan
hotel maka penelitian ini perlu dilakukan. Adapun metode yang digunakan adalah
Metode Kano. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner Kano yang terdiri dari
kuesioner Functional dan kuesioner Dysfunctional. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 120 responden dan teknik sampling dengan Purposive Sampling. Berdasarkan
hasil penelitian, atribut layanan yang termasuk kategori Must Be yaitu hotel memiliki
Swimming Pool, CaféBar bersih dan nyaman, karyawan berpakaian rapi, mampu menjaga
privasi, bersedia menanggapi kritik dan saran, proses reservasi mudah, petugas parkir
selalu dapat membantu. Atribut yang termasuk kategori One Dimensional yaitu interior
menarik dan instagrammble, kamar dilengkapi lemari es, kondisi kamar dan Bathroom
bersih dan nyaman. Atribut kategori Attractive adalah hotel tersedia fasilitas gym.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Keyword: | Metode KANO, Dysfunctional, functional, one dimensional, attractive |
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | Handi Dharmawan |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 04:04 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 04:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41677 |
Actions (login required)
View Item |