Panduan Praktikum Kimia Dasar Anorganik

Satar, Ibdal (2022) Panduan Praktikum Kimia Dasar Anorganik. [Teaching Resource]

[thumbnail of (87) NASKAH PRAKTIKUM ANORGANIK (OK) SIAP CETAK (1).pdf] Text
(87) NASKAH PRAKTIKUM ANORGANIK (OK) SIAP CETAK (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Satu di antara cabang ilmu kimia yang penting untuk kita pelajari adalah kimia anorganik. Ilmu kimia yang satu ini bermanfaat untuk menganalisis dan menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di sekitar kita. Tentunya berbagai sumber seperti buku ajar, buku referensi, modul perkuliahan, dan panduan praktikum terkait dengan cabang ilmu ini sangat diperlukan. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk tidak dapat memahami cabang ilmu ini.
Pada kesempatan kali ini, penulis ingin menyajikan sebuah panduan yang berisi prosedur pelaksanaan praktikum kimia anorganik dasar. Panduan praktikum ini terdiri dari dua belas Bab. Setiap Bab diberikan penjelasan ringkas tentang topik-topik yang disajikan. Beberapa topik yang dipilih adalah persiapan larutan, analisis volumetri, analisis kalorimetri, titrasi asam basa, analisis kandungan boraks, analisis kandungan formalin, pembuatan larutan buffer, analisis anion dan analisis kation dan lain-lain. Topik-topik yang disajikan cukup sederhana, mudah dan disusun dalam langkah-langkah yang jelas. Penulis percaya bahwa topik-topik ini akan bermanfaat dalam membantu para mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian nantinya.
Penulis berharap agar panduan praktikum kimia anorganik dasar ini bermanfaat bagi para mahasiswa dalam melaksanakan praktikum kimia anorganik dasar dengan baik. Penulis menyadari bahwa panduan ini memiliki banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, kritikan dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak sangat diharapkan agar dapat menyajikan panduan praktikum yang jauh lebih baik pada masa akan datang.
Alhamdulillah, ucapan terima kasih diperuntukkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam kelancaran penulisan panduan ini. Semoga kita semua dapat memberikan manfaat kepada banyak orang, Amin.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: DR Ibdal Satar
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:12
Last Modified: 29 Mar 2023 01:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41678

Actions (login required)

View Item View Item