Pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi berprestasi belajar mahasiswa PAI UAD angkatan 2021

Rahmadani, Fitri (2024) Pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi berprestasi belajar mahasiswa PAI UAD angkatan 2021. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031083_JUDUL__240326120509.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031083_BAB_I__240326120509.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031083_BAB_II__240326120509.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031083_BAB_III__240326120509.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031083_BAB_IV__240326120509.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031083_BAB_V__240326120509.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031083_DAFTAR_PUSTAKA__240326120509.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031083_LAMPIRAN__240326120510.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan belajar yang berbeda pada setiap mahasiswa memberi pengaruh yang berbeda pula terhadap motivasi berprestasi yang dimiliki oleh mahasiswa, tidak jarang ditemui mahasiswa yang mengerjakan tugas tidak tepat waktu, terlambat mengikuti kelas dan sebagainya. Dengan demikian peneliti ingin mengetahui seberapa besar tingkat lingkungan belajar mahasiswa PAI UAD angkatan 2021, seberapa besar tingkat motivasi berprestasi mahasiswa PAI UAD angkatan 2021, dan berpengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa PAI UAD angkatan 2021.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan dengan mengambil sempel sebanyak 114 mahasiswa dari total populasi sebanyak 159 mahasiswa PAI UAD angkatan 2021. Penarikan sampel berdasarkan pada kaidah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah lingkungan belajar (X), sedangkan variabel terikat adalah motivasi berprestasi (Y). Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 25 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, tingkat lingkungan belajar mahasiswa PAI UAD angkatan 2021 mayoritas memiliki tingkat mendukung dengan persentase 54,4%. Kedua, tingkat motivasi berprestasi mahasiswa PAI UAD angkatan 2021 memiliki tingkat sedang dengan persentase 45,6%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa PAI UAD angkatan 2021 karena Hₐ dapat diterima dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari α 0,05 pada angka kepercayaan 95%. Besaran pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa PAI UAD angkatan 2021 yaitu 61,5% dengan nilai R Square 0,615 dan memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai R sebesar 0,784.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Lingkungan belajar, mahasiswa, motivasi berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:56
Last Modified: 26 Apr 2024 08:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61909

Actions (login required)

View Item View Item