Pengembangan LKPD elektronik berbasis model discovery learning materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Hasanah, Uswatun (2024) Pengembangan LKPD elektronik berbasis model discovery learning materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000006046_JUDUL__240326010046.pdf

Download (994kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000006046_BAB_I__240326010046.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000006046_BAB_II__240326010046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000006046_BAB_III__240326010046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000006046_BAB_IV__240326010046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000006046_BAB_V__240326010046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006046_DAFTAR_PUSTAKA__240326010046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000006046_LAMPIRAN__240326010046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju ini sangat berpengaruh besar dalam dunia pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi di dunia pendidikan adalah penggunaan media pada proses pembelajaran yakni LKPD elektronik yang belum banyak terealisasikan. LKPD elektronik tentunya memiliki berbagai macam bentuk seperti halnya model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dimana salah satunya adalah model discovery learning. Penggunaan LKPD elektronik dapat membantu pendidik untuk mempermudah pemahaman peserta didik dan mampu menarik minat peserta didik dalam belajar terutama dalam memahami materi matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan dari LKPD elektronik berbasis model discovery learning materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan untuk mengetahui kepraktisan dari penggunaan LKPD elektronik berbasis model discovery learning materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan peserta didik kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Lembar penilaian penelitian ini berupa instrumen ahli media, ahli materi, dan respon peserta didik. Teknik analisis penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis penilaian dari para validator dan analisis instrumen respon peserta didik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) LKPD elektronik yang dikembangkan mendapat kategori sangat valid dari ahli materi dengan total keseluruhan aspek instrumen adalah 89,33% mendapatkan kategori sangat valid dari ahli media dengan total keseluruhan aspek instrumen adalah 87,92%. 2) LKPD elektronik yang dikembangkan juga mendapatkan kategori praktis diperoleh dari instrumen respon peserta didik dengan total keseluruhan aspek adalah sebesar 73,56% dari uji coba kelas kecil, serta mendapat persentase sebesar 65,51% dari uji coba kelas besar. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa LKPD elektronik yang dikembangkan ini valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Liveworksheets, LKPD elektronik, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:01
Last Modified: 24 Apr 2024 03:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61911

Actions (login required)

View Item View Item