Efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan teknik problem besed learning untuk mencegah pernikahan dini pada siswa SMK Informatika Al Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon

Najmah, Najmah (2024) Efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan teknik problem besed learning untuk mencegah pernikahan dini pada siswa SMK Informatika Al Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001118_JUDUL__240326014355.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001118_BAB_I__240326014355.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001118_BAB_II__240326014355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001118_BAB_III__240326014355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001118_BAB_IV__240326014355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001118_BAB_V__240326014355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001118_DAFTAR_PUSTAKA__240326014355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001118_LAMPIRAN__240326014355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan dini di wilayah Ciayumajakuning cukup tinggi. Secara rata-rata untuk wilayah Ciayumajakuning berkontribusi terhadap persentase perempuan yang pernah kawin usia dibawah 18 tahun di Jawa Barat. Pendewasan usia perkawinan pememberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja agar di dalam merencanakan keluarga mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga; kesiapan fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, dan ekonomi; serta menentukan jarak dan jumlah kelahiran. Alternatif yang digunakan untuk memberi pemahaman model pembelajan yaitu dengan model Problem based learning (PBL) karena model pembelajaran yang di dalamnya melibatkan siswa untuk berusaha memecahkan masalah dengan beberapa tahap metode ilmiah sehingga siswa diharapkan mampu untuk mempelajari pengetahuan yang berkaitan dengan masalah tersebut dan sekaligus siswa diharapkan mampu memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan klasikal dengan model Problem based learning untuk meningkatkan pemahaman Pendewasaan Usia Perkawinan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis postest only control group design karena dalam design ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Sampel penelitian menggunakan random sampling dengan 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes /ujian soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Pengabilan keputusan menggunakan uji nonparametrik Mann Whitney dengan batuan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji nonparametrik Mann Whitney sebesar 0,000 menunjukan hasil Asymp.sig (2- tailed) taraf hipotesis diterima 0,000 < 0,005 maka dapat disimpukan nilai tersebut ada perbedaan hasil yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan klasikal efektif menggunakan model ( problem base learning) terhadap hasil pemahanan yang di dapatkan perserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pendewasaan usia perkawinan, problem based learning
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:02
Last Modified: 24 Apr 2024 03:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61913

Actions (login required)

View Item View Item