Yulianto, Nunung (2024) Pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis video Artificial Intelligence untuk meningkatan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Bodon. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207052004_JUDUL__240326034918.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207052004_BAB_I__240322101551.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207052004_BAB_II__240322101551.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207052004_BAB_III__240322101551.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207052004_BAB_IV__240322101551.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207052004_BAB_V__240322101551.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207052004_DAFTAR_PUSTAKA__240322101551.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2207052004_LAMPIRAN__240322101551.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Di era globalisasi dengan majunya teknologi sangat menguntungkan manusia dalam bidang pendidikan, salah satu teknologi yang kini menyuguhkan kemudahan dalam membuat media pembelajaran adalah Artificial Intelligence (AI). AI dapat digunakan untuk membantu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran, yaitu dalam sebuah media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab. Tidak dapat dipungkiri bahwa pelajaran bahasa Arab pada tingkatan sekolah dasar masih menemui beberapa problematika pada motivasi dan hasil belajar siswa. Karenanya dengan memanfaatkan AI pada pengembangan media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran bahasa Arab berbasis Artificial Intelligence di kelas VI (enam) SD Muhammadiyah Bodon, serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan pada penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain media, uji validasi media, revisi, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi akhir, dan produksi masal. Validasi dilakukan dengan 2 ahli materi dan 2 ahli media. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Sedangkan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan skala likert yang dianalisis proporsi frekuensinya.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penilaian ahli media adalah 4,42 dan rata-rata ahli materi sebesar 4,35 dengan kriteria sangat baik. Revisi masukan terkait dengan judul, durasi, isi, dan evaluasi dan telah dilakukan revisi oleh peneliti. Untuk efektivitas media, menggunakan uji Paired Sample Test yang menunjukkan nilai signifikansinya dibawah 0,05 artinya adanya perbedaan yang nyata antara pretest dan postest dengan penggunaan media video pembelajaran bahasa Arab berbasis AI. Sehingga, secara keseluruhan media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | media pembelajaran, Bahasa Arab, Artificial Intelligence, hasil belajar, SD Muhammadiyah Bodon |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PM Hyperborean, Indian, and Artificial languages |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 09:48 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 09:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61929 |
Actions (login required)
View Item |