Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel SMP kelas VII

Fauziah, Nabila Atika (2024) Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel SMP kelas VII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000006020_JUDUL__240326092602.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000006020_BAB_I__240326094739.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000006020_BAB_II__240326094739.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000006020_BAB_III__240326094739.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000006020_BAB_IV__240326094739.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000006020_BAB_V__240326094739.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006020_DAFTAR_PUSTAKA__240326094739.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000006020_LAMPIRAN__240326094739.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah usaha untuk membuat peserta didik aktif dalam memompa kemampuan diri tanpa merugi dari segi manfaat, sebab peserta didik berusaha mempelajari konsep sekaligus menerapkan dan mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Dalam menunjang pembelajaran dengan pendekatan kontekstual diperlukan bahan ajar bisa berupa modul yang didalamnya sudah lengkap dengan materi, latihan soal, assesmen yang dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan serta mengetahui kelayakan, keprakstisan, dan kevalidan modul pembelajaran matematika pada materi PLSV dan PtLSV dengan pendekatan kontekstual.
Desain penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Sedangkan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dimana untuk menguji kelayakan, kepraktisan, dan kevalidan melalui validasi materi, validasi media, dan respon peserta didik. Dimana untiuk respon peserta didik melalui uji coba skala kecil dan uji coba skala besar.
Hasil penelitian diperoleh Modul pembelajaran matematika materi PLSV dan PtLSV dengan pendekatan kontekstual memenuhi kriteria valid dimana mendapatkan skor 80,8 dari ahli materi. Dan mendapat rata – rata skor dari ahli media sebesar 86,6 kemudian berdasarkan rata – rata skor yang diperoleh dari respon peserta didik sebesar 93,5. Hal ini menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Matematika memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: modul pembelajaran, pendekatan kontekstual, kurikulum merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:37
Last Modified: 24 Apr 2024 06:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61930

Actions (login required)

View Item View Item