Rachmawati, Dian (2024) Kepemimpinan pendidikan menuju budaya berkemajuan di SD Muhammadiyah Purin Kabupaten Kendal. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046043_JUDUL__240422100226.pdf Download (774kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046043_BAB_I__240422100226.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046043_BAB_II__240422100226.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046043_BAB_III__240422100226.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046043_BAB_IV__240422100226.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046043_BAB_V__240422100226.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046043_DAFTAR_PUSTAKA__240422100226.pdf Download (182kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046043_LAMPIRAN__240422100226.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207046043_NASKAH_PUBLIKASI__240422100226.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepemimpinan pendidikan yang efektif mendorong terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif pada akhirnya mampu mendorong prestasi siswa melalui budaya berkemajuan dan memunculkan inovasi. Kepemimpinan pendidikan sangat tergantung pada pemimpin sekolah karena kepala sekolah adalah direktur pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi kepala sekolah dalam melaksanakan kemimpinan pendidikan, serta menganalisis pengembangan budaya inovasi yang telah dilakukan SD Muhammadiyah Purin sehingga menjadi sekolah berkemajuan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data ini melibatkan 5 N narasumber yaitu Kepala sekolah (R1), Waka Kurikulum (R2), Guru Al Islam (R3), Tata Usaha (R4) dan Komite Sekolah (R5). Tahapan analisis data yang dilakukan mengacu pada Miles dan Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data penelitian ini memanfaatkan aplikasi Atlas ti Versi 9 untuk memeprmudah penyusunan hasil temuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk budaya sekolah yang progresif dan inovatif. Kepemimpinan yang inklusif, berbasis visi bersama, dan memperhatikan kebutuhan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, siswa, dan orang tua, terbukti menjadi faktor utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan berkualitas.Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana pemimpin pendidikan dapat secara efektif mempengaruhi budaya sekolah untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Dan juga memunculkan kreatifitas program sekolah yang inovatif. Diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan kontribusi yang berharga bagi pengembangan praktik kepemimpinan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan budaya ISMUBA dan prestasi akademik non akademik di SD Muhammadiyah Purin.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | kepemimpinan pendidikan, budaya sekolah, berkemajuan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 03:29 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 03:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62035 |
Actions (login required)
View Item |