Inayah Muswita, Novi (2024) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mencegah perilaku bullying verbal di SMPN 4 Sewon Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001096_JUDUL__240315023644.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001096_BAB_I__240315023644.pdf Download (313kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001096_BAB_II__240315023644.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001096_BAB_III__240315023644.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001096_BAB_IV__240315023644.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001096_BAB_V__240315023644.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001096_DAFTAR_PUSTAKA__240315023644.pdf Download (294kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001096_LAMPIRAN__240315023644.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyaknya perilaku bullying
verbal yang terjadi di SMPN 4 Sewon Bantul dari hasil observasi dilapangan.
Bentuk bullying berupa julukan nama, celaan, fitnah, kritik kejam, penghinaan
baik yang bersifat pribadi maupun rasial, pernyataan-pernyataan bernuansa ajakan
seksual atau pelecehan seksual, teror, surat-surat yang mengintimidasi, tuduhan-
tuduhan yang tidak benar, perkataan atau ucapan yang keji dan keliru, gosip dan
lain sebagainya, sehingga perlu adanya layanan bimbingan kelompok dengan
Teknik problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas
layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk mencegah prilaku
bullying verbal.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan one group
pretest–posttest design sebagai desain penelitian. Populasi penelitian sebanyak
124 siswa, sample penelitian 30 siswa. Analisis data yang di gunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis deskriftif dan uji bersyarat
menggunakan uji T-test sebagai perbanding antara sebelum diberikan layanan dan
se sudah diberikan layanan.
Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan,
maka diperoleh kesimpulan bahwa ” hasil penelitian uji hipotesis t-test dengan
xvi
nilai signifikan adalah 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk
mencegah perilaku bullying verbal di SMPN 4 Sewon Bantul.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Teknik problem solving, bullying verbal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 May 2024 02:05 |
Last Modified: | 10 May 2024 02:05 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62175 |
Actions (login required)
View Item |