Herdiansyah, Diki (2024) Pengaruh kecerdasan emosional dan religiusitas terhadap resiliensi akademik siswa SMP Negeri se-kecamatan Danurejan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001013_JUDUL__240314095051.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001013_BAB_I__240314095051.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001013_BAB_II__240314095051.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001013_BAB_III__240314095051.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001013_BAB_IV__240314095051.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001013_BAB_V__240314095051.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001013_DAFTAR_PUSTAKA__240314095051.pdf Download (214kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001013_LAMPIRAN__240314095051.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran dapat menjadi tantangan dan terkadang dapat menimbulkan stres dan kecemasan bagi siswa, yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental mereka. Penting bagi siswa untuk mengembangkan resiliensi akademis. Kecerdasan emosional dan religiusitas merupakan faktor yang dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan untuk bertahan melewati situasi sulit. Kecerdasan emosional dapat membantu siswa dalam motivasi dan ketekunan, sedangkan religiusitas dapat membekali siswa dengan strategi coping berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut dengan baik. Maka dari itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan religiusitas terhadap resilensi akademik pada siswa SMP Negeri se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta.
Metode penelitian ini yaitu mengggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu berjunlah 1478 siswa dengan jumlah sampel 365 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan skala resiliensi akademik, skala kecerdasan emosional dan skala religiusitas yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dan telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh sebesar 67,2% terhadap resiliensi akademik, sedangkan religiusitas memiliki pengaruh sebesar 28,4% terhadap resiliensi akademik. Hasil uji secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan religiusitas terhadap resiliensi akademik memiliki pengaruh sebesar 67,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan religiusitas memiliki pengaruh yang besar ketika bersama-sama. Oleh karena itu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan resiliensi akademik siswa yaitu dapat dilakukan melalui pengembangan kecerdasan emosional dan religiusitas secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kecerdasan emosional, religiusitas, resiliensi akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 May 2024 02:07 |
Last Modified: | 10 May 2024 02:07 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62176 |
Actions (login required)
View Item |