Sabhara, Harun (2024) Peran guru ISMUBA dalam meningkatkan ketaatan beragama siswa pada awal menghadapi pubertas di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031093_JUDUL__240325103903.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031093_BAB_I__240324084407.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031093_BAB_II__240324084407.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031093_BAB_III__240324084407.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031093_BAB_IV__240324084407.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031093_BAB_V__240324084407.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031093_DAFTAR_PUSTAKA__240324084407.pdf Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031093_LAMPIRAN__240324084407.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini berdasarkan beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu siswa sekolah, khususnya jenjang SD terkait masa pubertas. Guru memliki peran penting yang akan membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa dalam hal pubertas. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) ketaatan beragama siswa pada awal menghadapi pubertas di SD Muhammadiyah MBS Prambanan, 2) peran guru ISMUBA dalam meningkatkan ketaatan beragama di SD Muhammadiyah MBS Prambanan, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan ketaatan beragama di SD Muhammadiyah MBS Prambanan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis metode penelitian kualitatif. Kemudian pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ditujukan untuk melihat fenomena-fenomena sosial dari sudut atau perspektif partisipan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, mengenai ketaatan beragama siswa yang beragam dengan adanya siswa yang taat melaksanakan shalat 5 waktu, puasa, dan membaca Al-Qur’an, namun ada juga siswa yang masih melaksanakan ibadah belum dengan sepenuhnya. Kedua, mengenai peran guru ISMUBA dalam meningkatkan ketaatan beragama siswa pada awal menghadapi pubertas sangatlah penting karena guru dapat menjadi teladan dalam menerapkan nilai-nilai kehidupan yang baik. Ketiga, tentang faktor pendukung dalam meningkatkan ketaatan beragama siswa pada awal menghadapi pubertas yaitu adanya dukungan penuh dari sekolah, serta sarana dan prasarana yang terpenuhi. Sedangkan untuk faktor penghambatnya seperti, adanya siswa yang suka membantah atau sulit untuk diajak kerja sama. Akan tetapi, guru ISMUBA tidak lupa untuk selalu mengingatkan dan memberikan dukungan kepada para siswa untuk mendampingi di masa pubertas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus5 userperpus5 |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:22 |
Last Modified: | 02 May 2024 04:00 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62291 |
Actions (login required)
View Item |