Fenomena konten dakwah nikah muda di media sosial Instagram perspektif mahasiswa PAI UAD angkatan 2018

Hanifah, Husnun (2024) Fenomena konten dakwah nikah muda di media sosial Instagram perspektif mahasiswa PAI UAD angkatan 2018. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031120_JUDUL__240321043245.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031120_BAB_I__240321043245.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031120_BAB_II__240321043245.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031120_BAB_III__240321043245.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031120_BAB_IV__240321043245.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031120_BAB_V__240321043245.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031120_DAFTAR_PUSTAKA__240321043245.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031120_LAMPIRAN__240321043245.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang konten dakwah di sosial media Instagram yang mengkaji tentang pernikahan. Konten dakwah pernikahan menjadi fenomena sosial tatkala banyak pengguna Instagram yang menikmati konten tersebut hingga menjadikan konten pernikahan menjadi populer. Hal populer yang dinikmati banyak pengguna memunculkan resiko-resiko yang tidak diinginkan seperti, kesalahpahaman isi materi konten, minimalisasi materi edukasi konten, pengglorifikasian konten, sampai dijadikan komoditas oleh oknum yang hanya ingin meraih traffic dari suatu konten. Oleh karenanya, dalam tugas akhir ini peneliti bertujuan untuk menguraikan fenomena konten dakwah nikah muda di media sosial Instagram dan mengetahui persepsi mahasiswa PAI UAD terhadap fenomena konten dakwah nikah muda di Instagram sebagai pengguna Instagram yang memiliki latar belakang pendidikan agama Islam.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menekankan pada pendekatan studi naratif dan survei. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari observasi, angket, wawancara, serta buku yang digunakan sebagai penunjang dari data primer. Peneliti mengambil sampel data dari 45 mahasiswa PAI UAD angkatan 2018 yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif data model Miles dan Huberman yang dikaji lagi menggunakan triangulasi teknik, yaitu wawancara.
Hasil penelitian ini terdiri dari rumusan satu dengan temuan bahwa terdapat perbedaan kualitas dan kuantitas konten dakwah pernikahan dari segi isi yang dapat menjadi bomerang bilamana konten yang dibuat telah lepas dari tujuan dibuatnya konten hingga menjadi tren. Sedangkan pada rumusan kedua, mahasiswa PAI UAD mengungkapkan jikalau perubahan media dakwah telah melahirkan konten dakwah yang tereduksi akibat dari pengaruh tren, tokoh publik, serta pemahaman individu dalam mengkonsumsi konten.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Konten Dakwah, Instagram, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus5 userperpus5
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:44
Last Modified: 30 Apr 2024 04:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62294

Actions (login required)

View Item View Item