Implementasi full day school dalam pembentukan akhlak religius siswa kelas Vi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan

Chanif, Pandu Ajisatya (2024) Implementasi full day school dalam pembentukan akhlak religius siswa kelas Vi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031387_JUDUL__240322090214.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031387_BAB_I__240322105931.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031387_BAB_II__240322105931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031387_BAB_III__240322105931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031387_BAB_IV__240322105931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031387_BAB_V__240322105931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031387_DAFTAR_PUSTAKA__240322105932.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031387_LAMPIRAN__240322121909.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah implementasi full day school dalam pembentukan akhlak religius siswa kelas VI di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan yang dilakukan SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul dalam pembentukan akhlak religius siswa melalui program full day school, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan full day school dalam pembentukan akhlak religius siswa SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi langsung, wawancara dengan beberapa narasumber (kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, dan wali kelas VI) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : pertama, penerapan full day school dalam pembentukan akhlak religius siswa kelas VI di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul sudah berjalan dengan baik melalui kegiatan pembelajaran dan program yang dijalankan dari mulai awal masuk sekolah hingga siswa masuk ke jenjang kelas VI serta mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang disusun dalam perencanaan pembelajaran yang sesuai, didukung oleh tenaga pendidik yang mumpuni pada bidangnya, dukungan dari orangtua peserta didik, serta kerjasama yang baik oleh seluruh dewan guru, dan karyawan untuk menjadi teladan dalam membentuk ahklak religius peserta didik. Kedua, hambatan dan kendala dalam penerapan full day school di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul secara internal seperti : karakter peserta didik yang berbeda-beda karena latar belakang keluarga yang berbeda, kepadatan siswa dibanding dengan sarana dan prasarana sekolah karena perbandingannya sangat terbatas, ketertiban guru akan program kerja dan pembiasaan dikelas yang berhubungan dengan waktu, kurangnya kesadaran orangtua akan pentingnya dampingan terhadap perkembangan akhlak sang anak terutama akhlak religius. Kemudian faktor pendukung yang diambil sekolah dalam mengatasi hambatan dan kendala dalam penerapan full day school secara internal meliputi: kurikulum yang memadai, pembuatan system pararel atau evaluasi, sarana dan prasarana yang kontributif, metode yang sesuai melalui pembiasaan, keteladanan, serta pemberian nasehat.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Akhlak, Full day school, Religius
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus5 userperpus5
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:45
Last Modified: 30 Apr 2024 04:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62296

Actions (login required)

View Item View Item