Istinganah, Istinganah (2024) Pengaruh motivasi belajar dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031224_JUDUL__240326115349.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031224_BAB_I__240325033508.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031224_BAB_II__240325033508.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031224_BAB_III__240325033508.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031224_BAB_IV__240325033508.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031224_BAB_V__240325033508.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031224_DAFTAR_PUSTAKA__240325033508.pdf Download (197kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031224_LAMPIRAN__240325033508.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Belajar memainkan peran krusial dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan dengan memberikan pengetahuan baru bagi individu. Dalam belajar, seseorang membutuhkan motivasi termasuk motivasi belajar dan motivasi berprestasi. Seseorang yang kurang termotivasi dalam belajar cenderung menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Perilaku menunda ini dapat menyebabkan kelalaian dan menghambat kemampuan seseorang untuk menyelesaikan seluruh tugas yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan teknik simple random sampling dengan sampel berjumlah 128 mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (X1) dan motivasi berprestasi (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah prokrastinasi (Y). Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini melibatkan penerapan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, tidak terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prokrastinasi mahasiswa PAI UAD karena pada t hitung tidak menunjukkan adanya pengaruh yang berlawanan. Kedua, terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi mahasiswa PAI UAD sebesar 69,1%, dengan tingkat kepercayaan 95%. Ketiga, tidak terdapat pengaruh secara simultan antara motivasi belajar dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi mahasiswa PAI UAD karena nilai signifikansi pada variabel motivasi belajar lebih dari 0,05 dan pada t hitung tidak menunjukkan adanya pengaruh berlawanan. Sehingga, pada penelitian ini H2a diterima, sedangkan H1a dan H3a ditolak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Mahasiswa, PAI UAD, Pengaruh, Motivasi Belajar, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus5 userperpus5 |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:35 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62301 |
Actions (login required)
View Item |