Juliyanti, Kamala Sukma (2024) Pengaruh religiusitas terhadap kecerdasan emosional Siswa di MTS N 6 Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031188_JUDUL__240320112131.pdf Download (688kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031188_BAB_I__240320112131.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031188_BAB_II__240320112131.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031188_BAB_III__240320112131.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031188_BAB_IV__240320112131.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031188_BAB_V__240320112131.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031188_DAFTAR_PUSTAKA__240320112131.pdf Download (198kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031188_LAMPIRAN__240320112131.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
Abstract
Religiusitas menjadi salah satu aspek yang membutuhkan kecerdasan emosional. Religiusitas di MTs Negeri 6 Sleman dibentuk melalui pembiasaan sholat dhuha, tahfidz Al-Qur’an, sholat dhuhur dan asar secara berjamaah yang diiringi sholat sunah qolbiyah dan ba’diyah, yang masing-masing wajib dilakukan setiap hari. Namun, kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri 6 Sleman masih beragam. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh religiusitas terhadap kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri 6 Sleman. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh religiusitas terhadap kecerdasan emosional, dan seberapa besar pengaruh religiusitas terhadap kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri 6 Sleman.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 6 Sleman dengan mengambil sampel sebanyak 113 siswa kelas VIII dari total siswa sebanyak 158 siswa kelas VIII. Penarikan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada kaidah probability sampling dengan teknik simple random sampling . Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu religiusitas (X) sedangkan variabel terikatnya yaitu kecerdasan emosional (Y). Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu berupa kuesioner. Peneliti menggunakan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu berupa uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: adanya pengaruh positif dan signifikan antara religiusitas terhadap kecerdasan emosional dikarenakan hipotesis alternatif diterima pada angka kepercayaan 95% dengan nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari α 0,05. Kedua: besaran pengaruh religiusitas terhadap kecerdasan emosional siswa di MTs Negeri 6 Sleman yaitu 46,9% dengan nilai R Square 0,469 dan memiliki tingkat hubungan yang tinggi dengan nilai R 0,685.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | religiusitas, kecerdasan emosional, siswa, pembiasaan dan pengaruh |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:56 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62305 |
Actions (login required)
View Item |