Dasaningsih, Nur Lasni Romlah Latri (2024) Implementasi pembelajaran agama Islam melalui lagu anak Islami di TK Al Futuh Kabupaten Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031002_JUDUL__240320101645.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031002_BAB_I__240320101645.pdf Download (275kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031002_BAB_II__240320101645.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900031002_BAB_III__240320101645.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031002_BAB_IV__240320101645.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900031002_BAB_V__240320101645.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031002_DAFTAR_PUSTAKA__240320101645.pdf Download (127kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031002_LAMPIRAN__240320101645.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pentingnya pembelajaran agama Islam melalui lagu anak islami agar mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran agama Islam melalui lagu anak islami di TK AL Futuh, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembalajaran agama Islam melalui lagu anak islami di TK AL Futuh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan yang dilakukan di TK AL Futuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Simpulan penelitian ini yaitu pembelajaran merupakan kegiatan yang bernilai edukatif dengan nilai-nilai yang tercantum dalam pedoman tinggi Al-Qur’an. Pembelajaran merupakan rangkaian peristiwa yang direncanakan untuk menggiatkan dan mendorong minat belajar peserta didik. Pembelajaran melalui lagu adalah suatu pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan taman kanak-kanak. Setiap hari pembelajaran di TK AL Futuh memiliki kegiatan bernyanyi dalam penerapan pembelajaran. Bernyanyi merupakan kegiatan yang tidak bisa dihilangkan dalam pembelajarandalam satuan pendidikan kanak-kanak. Penerapan lagu anak islami saat ini mudah diakses dalam internet sehingga memudahkan untuk dapat dijangkau oleh semua kalangan termasuk anak-anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | implementasi, pembelajaran agama islam, lagu anak islami |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 04:02 |
Last Modified: | 07 May 2024 04:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62307 |
Actions (login required)
View Item |