Wijaya, Ahmad 'Alim (2024) Implementasi program pendidikan pesantren dalam pembentukan karakter Santri di Pondok Pesantren Al Falah Lembah Manah Mranggen Magelang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031115_JUDUL__240320123841.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031115_BAB_I__240320123842.pdf Download (673kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031115_BAB_II__240320123842.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031115_BAB_III__240320123842.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031115_BAB_IV__240320123843.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031115_BAB_V__240320100320.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031115_DAFTAR_PUSTAKA__240320123843.pdf Download (436kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031115_LAMPIRAN__240320123843.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter di pondok pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter santri menjadi manusia yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui program pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Al Falah Lembah Manah Mranggen dalam hal pembentukan karakter santri. 2) Implementasi pembentukan karakter santrinya melalui program pendidikan pesantren. 3) Mengetahui hal yang mendukung dan yang menghambat Pondok Pesantren Al Falah Lembah Manah Mranggen Magelang untuk membentuk karakter santrinya melalui program pendidikan pesantren.
Penelitian ini menggunakan strategi penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Al Falah Lembah Manah Mranggen, Magelang, untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak program pesantren terhadap perkembangan pribadi santri. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Menggabungkan reduksi data, menyajikan data, dan akhirnya menarik kesimpulan merupakan langkah-langkah dalam analisis data. Langkah selanjutnya adalah melakukan triangulasi data, yaitu triangulasi waktu dan triangulasi sumber untuk memeriksa kebenaran data.
Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Al Falah Lembah Manah Mranggen Magelang menghasilkan temuan sebagai berikut: 1) Pondok pesantren menekankan program pendidikan karakter yang berpedoman pada prinsip-prinsip yang tertuang dalam kitab “ta’lim muta’ allim”, visi dan misi pondok, dan semboyan “al adab fauqol ‘ilmi”. Terdapat 18 nilai karakter yang diimplementasikan sesuai standar Kemdikbud, dikelompokkan ke dalam empat aspek nilai, yaitu (SERBIAN) Spiritual pERsonal, keBangsaan, sosIAl, dan diNamis. 2) Implementasi program karakter di pondok pesantren melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan tiga metode, termasuk perancangan ide dan strategi program, rapat kerja, dan arahan oleh pengurus. Pelaksanaan program mengikuti jadwal harian santri dan metode pembentukan karakter. Evaluasi dilakukan setiap satu bulan dan tiga bulan untuk mengevaluasi pelaksanaan program serta kondisi karakter santri. 3) Implementasi program pesantren melibatkan faktor pendukung, seperti pendampingan oleh kiai dan guru serta lingkungan pesantren yang bersifat agamis. Di sisi lain, terdapat faktor penghambat, seperti naluri individu santri, adat atau kebiasaan dari rumah, dan keterbatasan sumber daya pengurus dalam mengatasi jumlah santri yang besar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | pendidikan karakter, nilai-nilai karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:24 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62309 |
Actions (login required)
View Item |