Rahmadia, Nurul Anisa (2024) Upaya Guru meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik Kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031156_JUDUL__240320090331.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031156_BAB_I__240320090405.pdf Download (378kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031156_BAB_II__240320090436.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031156_BAB_III__240320090606.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031156_BAB_IV__240320090638.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031156_BAB_V__240320090811.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031156_DAFTAR_PUSTAKA__240320090846.pdf Download (244kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031156_LAMPIRAN__240320091008.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah tingkat kepedulian dan kesopanan peserta didik masih berada di tingkat menengah ke bawah. Penyebab utamanya karena minimnya kecerdasan spiritual. SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman memperdayakan peningkatan kecerdasan spiritual peserta didiknya lewat pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pembelajaran Akidah Akhlak 2) mengetahui upaya guru meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik 3) mengetahui manfaaat peningkatkan nilai-nilai kecerdasan spiritual terhadap transformasi nilai-nilai akhlak di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Selanjutnya untuk teknik pengumpulan data melalui observasi ke lapangan secara langsung baik wawancara maupun dokumentasi. Peneliti juga menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi data. Untuk analisis data menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak dilakukan dengan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran melalui metode yang ada agar peserta didik dapat menyerap pelajaran dengan optimal. 2) Upaya guru Akidah Akhlak dilakukan dengan memberikan keteladanan kepada peserta didik dalam hal tepat waktu datang di kelas, memberikan nasehat dan motivasi, menjadikan peserta didik yang pintar sebagai guru bantu bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. Upaya guru dalam meningkatkan yang lain dengan membentuk kegiatan keagamaan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didiknya. 3) Manfaat nilai-nilai kecerdasan spiritual peserta didik menunjukan keberhasilan dalam mengintegritaskan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | akidah akhlak, kecerdasan spiritual, upaya guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:27 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:27 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62311 |
Actions (login required)
View Item |